PLN gotong royong jaga pasokan listrik andal jelang lebaran

id PLN, listrik, siaga lebaran, petugas teknisi, sumbar, berita padang

PLN gotong royong jaga pasokan listrik andal jelang lebaran

Tim ROW merupakan tim khusus yang dibentuk PLN siaga listrik andal jelang Lebaran Idul Fitri 1441 H. (Ist)

Padang (ANTARA) - Sepekanmenjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar melalui petugas khusus Right Of Way (ROW) melakukan gotong royong (Goro) untuk membersihkan jaringan listrik dari ranting pohon, umbul-umbul, maupun layanan yang berpotensi menimbulkan gangguan listrik.

Sebagaimana disampaikan oleh masing-masing Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN UIW Sumbar dalam video conference yang berlangsung pada Minggu (17/5).

Dalam video conference yang dipimpin oleh General Manager PLN UIW Sumbar tersebut, masing-masing manager ULP menyampaikan langkah antisipasi yang telah dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan PLN menjelang Idul Fitri.

Kegiatan Goro menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan mengingat pohon ataupun layangan yang mengenai jaringan listrik menjadi salah satu penyebab dominan padam saat ini. Pohon tumbang yang mengenai jaringan PLN akan otomatis mengakibatkan padam. Sebagaimana diungkapkan oleh Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arif Pramudya.

"Potensi gangguan eksternal seperti pohon ataupun layang-layang harus diminimalisir, salah satunya melalui goro ini. Kami akan melakukan langkah terbaik agar masyarakat dapat menikmati idul fitri dengan tenang dan nyaman tanpa adanya padam karena gangguan listrik. Inshaallah sudah andall dan aman," ungkap Arif.

Apalagi dalam kondisi WFH saat ini, konsumsi listrik rumah tangga dapat dpastikan naik. Maka PLN wajib untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut dengan baik pula.

"Gangguan listrik karena pohon dan ranting yang mengenai jaringan listrik tidak dapat kita prediksi, namun bila sudah terjadi akan berimbas padam yang dirasakan masyarakat. Bila sudah terjadi maka PLN harus melakukan proses recovery, dalam waktu yang tidak sedikit karena harus menelusuri lokasi penyebab gangguan dan melakukan perbaikan. Untuk itu Goro ini akan menjadi langkah preventif yang efektif untuk meminimalisir pemadaman tidak terencana," tambah Arif lagi.

Amankan jaringan listrik

Tim ROW merupakan tim khusus yang dibentuk PLN untuk menghilangkan benda-benda yang berpotensi mengganggu kontinuitas jaringan listrik.

Saat ini tim ROW telah melakukan penelusuran ke lapangan untuk mengecek dahan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN dan melakukan pemangkasan.

Namun demikian PLN juga meminta kesediaan dan kerelaan dari pemilik pohon untuk menebang dahan pohon miliknya untuk menjaga keamanan pasokan listrik.

Selain bertujuan mengamankan listrik, pemangkasan juga perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan sekitar jaringan listrik dari ancaman korsleting atau tersetrum listrik.

PLN berharap kerjasama dari masyarakat untuk mengijinkan petugas melakukan pemangkasan rutin disekitar jaringan PLN. Jangan melakukan sendiri karena berpotensi menimbulkan bahaya.

Bagi pelanggan yang membutuhkan pelayanan tersebut atau infomasi lainnya seputar listrik PLN dapat melakukan pengaduan melalui contact center PLN 123 karena petugas akan langsung melakukan pengecekan dilapangan.

Contact center PLN dapat diakses melalui telp di (kode area) 123, atau facebook dan PLN di @pln_123 serta dapat pula melalui aplikasi PLN Mobile demi kemudahan layanan PLN. PLN UIW Sumbar menyiagakan petugas untuk menjamin pasokan listrik aman selama Idul Fitri.
Tim ROW merupakan tim khusus yang dibentuk PLN siaga listrik andal jelang Lebaran Idul Fitri 1441 H. (Ist)