Padang Panjang lengkapi dokumen pengusulan Chatib Soelaiman sebagai pahlawan nasional

id Chatib Soelaiman ,pahlawan nasional,Padang Panjang

Padang Panjang lengkapi dokumen pengusulan Chatib Soelaiman sebagai pahlawan nasional

Rapat membahas persiapan pengusulan Chatib Soelaiman sebagai pahlawan nasional. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mengajukan Chatib Soelaiman sebagai pahlawan nasional dan berupaya melengkapi dokumen pengusulan yang menjadi persyaratan pengajuan tersebut.

Dokumen yang dibutuhkan telah dikumpulkan dan dinyatakan lengkap sehingga saat ini Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) sedang mempersiapkan pengiriman dokumen ke Dinas Sosial Sumbar.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di Padang Panjang, Kamis, mengatakan agar usulan tersebut dapat dikawal sebaik mungkin sehingga Chatib Soelaiman dapat dinyatakan sebagai pahlawan nasional.

Pengusulan dilakukan bertahap ke pihak provinsi, dilanjutkan ke Kementerian Sosial sebagai bahan pertimbangan untuk menerbitkan rekomendasi kepada Presiden RI melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Kepala Dinas PPKBP3A Padang Panjang Osman Bin Nur mengatakan dokumen persyaratan sudah dinyatakan lengkap disusun secara sistematis dan dilengkapi data akurat sehingga pada Maret 2020 dapat diserahkan melalui provinsi.

"Semoga prosesnya lancar sehingga peluang untuk menjadikan Chatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional pada Agustus 2020 dapat terealisasi," katanya.

Ia menilai masyarakat di daerah setempat memberikan dukungan untuk usulan tersebut karena besarnya jasa tokoh tersebut sehingga perlu dibalas salah satunya dalam bentuk menjadikan pahlawan nasional.