Puluhan makam di TPU Tegal Alur terendam

id Tpu tegal alur, kalideres, genangan, banjir, jakarta barat

Puluhan makam di TPU Tegal Alur terendam

Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Kalideres terendam air setelah hujan deras di Jakarta Barat, Kamis (20/2/2020) (ANTARA/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Puluhan makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Kalideres, Jakarta Barat terendam air akibat hujan deras sejak Rabu (19/2) malam hingga Kamis pagi.

Ketinggian air yang menggenangi puluhan makam di Unit Islam Blok BLAD 010, tepat di area depan TPU, terpantau sekitar 50 sentimeter hingga merendam nisan dan pusara pada pukul 16.00 WIB.

Selain itu, akses jalan TPU Tegal Alur yang kondisinya berlubang juga ikut tergenang.

Air dari kawasan makam mengalir melewati jalan sebelum mengalir ke saluran air.

Menurut penuturan salah satu warga di sekitar di TPU Tegal Alur, Alex, tergenangnya makam yang ada di Blok BLAD 010 sudah menjadi hal biasa.

"Kalau hujannya besar lebih dari dua jam juga tergenang, nanti surut sendiri dia," kata Alex.

Menurut informasi dari petugas keamanan di TPU Tegal Alur, yang enggan disebutkan namanya, mengatakan puluhan makam yang terendam itu merupakan tanah wakaf warga, bukan dikelola pemerintah.

Saat dikonfirmasi, Camat Kalideres Naman Setiawan mengatakan masih memonitor perihal tergenangnya puluhan makam di TPU Tegal Alur.

"Segera saya cek," kata Naman lewat pesan singkatnya.

Sayangnya, belum diketahui upaya pengeringan kawasan makam tersebut serta antisipasi apabila terjadi hujan deras kembali.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar