Ini langkah Pesisir Selatan menuju kabupaten layak anak

id Zulfian Afrianto ,pesisir selatan,berita pesisir selatan,pesisir selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Ini langkah Pesisir Selatan menuju kabupaten layak anak

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Pesisir Selatan Zulfian Afrianto membuka diskusi upaya mewujudkan gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat. (ist)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membentuk gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) sebagai langkah menjadikan daerah setempat sebagai kabupaten layak anak.

"Hari ini kami mengundang pihak-pihak terkait mulai dari masyarakat, lembaga non pemerintah hingga lembaga pemerintah terdepan yakni nagari sampai perangkat daerah terkait guna memantapkan langkah mewujudkan PATBM," kata Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Pesisir Selatan, Zulfian Afrianto di Painan, Kamis.

Menurutnya, PABTM merupakan salah satu syarat menjadikan daerah setempat sebagai kabupaten layak anak, yang prediket tersebut telah diraih oleh 14 dari 19 kabupaten / kota di provinsi setempat.

Selain itu, kata dia, langkah mewujudkan PATBM merupakan komitmen nyata pemerintah kabupaten untuk memastikan anak-anak di daerah setempat terlindungi dari berbagai hal-hal yang berdampak negatif terhadap masa depan mereka.

"Sejak beberapa dekade terakhir kejahatan terhadap anak terjadi dengan masif, dan sebaliknya pada beberapa kejadian si anak yang jadi aktornya makanya PATBM ini perlu dibentuk," sebut dia.

Saat ini, ungkap dia, dari 182 nagari di kabupaten setempat beberapa diantaranya sudah membentuk Forum Anak Nagari begitu juga di tingkat kecamatan juga sudah dibentuk Forum Anak Kecamatan, hanya saja sarana dan prasarana masih terus dilengkapi termasuk dokumen-dokumen administrasinya.

Ia menambahkan untuk menjadi kabupaten layak anak terdapat indikator yang mesti dipenuhi yang meliputi, penguatan kelembagaan dan klaster hak anak. (*)