Dharmasraya peroleh DAK Rp3,5 miliar bangun infrastruktur wisata, berikut objek yang akan dibangun

id Sutan Taufik,berita dharmasraya,dharmasraya terkini

Dharmasraya peroleh DAK Rp3,5 miliar bangun infrastruktur wisata, berikut objek yang akan dibangun

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Sutan Taufik. (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) pada 2020 memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp3,5 miliar untuk membangun infrastruktur wisata di daerah itu.

"Perolehan DAK 2020 meningkat dari 2019 hanya Rp1,6 miliar," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dharmasraya, Sutan Taufik didampingi Kabid Pariwisata Benny Mandala Putra, di Pulau Punjung, Selasa

Ia menjelaskan dana tersebut akan digunaka sebanyak Rp2,6 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Candi Pulau Sawah, seperti panggung seni, panggung kuliner, kios cendramata, dan lahan parkir.

Kemudian, di Taman Aero Sport Bukit Tambun, Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung dialokasikan Rp700 juta untuk pembangunan mushala.

"Dan pembangunan gazebo di taman hutan bambu Sungai Nunyo, Nagari Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung," katanya.

Ia menyebutkan proses pengerjaan DAK Kementerian Pariwisata RI tersebut sudah memasuki tahap perencanaan, dan ditargetkan akan dilakukan tender pada Februari 2020.

"Kita rencanakan, pertengahan Februari sudah tender dan awal Maret 2020 sudah mulai pengerjaannya," katanya.

Ia mengharapakan semua fasilitas yang akan dibangun dapat mendukung pengembangan objek wisata di Kabupaten Dharmasraya.

"Kami menyadari fasilitas beberapa objek wisata belum memadai bahkan sama sekali belum ada, secara bertahap dan semangat bersama kita lakukan pengembangan," katanya.

Ia menyebutkan meningkatnya perolehnya DAK tahun ini tidak terlepas dari sukses penyelenggaraan Festival Pamalayu berapa waktu lalu. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar