Padang akan bangun dermaga apung di Sungai Pisang dukung pariwisata pulau

id dermaga sungai pisang,pariwisata pulau,berita padang,padang terkini,berita sumbar

Padang akan bangun dermaga apung di Sungai Pisang dukung pariwisata pulau

Perahu wisata melintas di perairan Sungai Pisang, Padang, Sumatera Barat. Pulau-pulau kecil di arah selatan Kota Padang yang berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan tersebut menjadi destinasi wisata bahari favorit di kota itu. (Antara/Iggoy El Fitra)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, akan membangun dermaga apung di Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, untuk menunjang aktivitas pariwisata menuju pulau yang ada di sekitar kawasan itu.

"Minat wisatawan untuk mengunjungi pulau – pulau di perairan Kota Padang terus meningkat, hal itu mendorong berkembangnya jasa penyewaan perahu wisata," kata Kepala Bappeda Kota Padang Medi Iswandi di Padang, Selasa.

Menurut dia menyikapi perkembangan tersebut untuk mempermudah akses ke pulau pembangunan dermaga akan dimulai pada tahun ini yang pendanaannya bersumber dari APBD Kota Padang sebesar Rp2,6 miliar.

"Lokasi pembangunan dipusatkan di Teluk Sungai Pisang," ujarnya.

Menurut Medi kebutuhan dermaga untuk penunjang fasilitas transportasi pariwisata di kawasan itu dipandang penting karena lokasi bakal dermaga merupakan titik terdekat untuk akses menuju pulau – pulau di perairan Bungus dan sekitarnya.

“Apalagi sekarang jalan Teluk Kabung – Mandeh Tarusan sudah representatif sehingga dermaga ini jadi pilihan tepat sebagai titik akses menuju pulau–pulau, ” kata dia.

Terkait lahan, menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Padang Yeni Yuliza mengatakan sudah tidak ada kendala.

Setelah perencanaan dan studi kelayakan selesai, pembangunan dapat dimulai, lahan tidak ada masalah. Pembangunan bisa dimulai dan ditargetkan selesai tahun ini juga, ” ujar dia.

Senada dengan itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian menyebut di bangunnya dermaga memberikan kemudahan bagi wisatawan. Dampaknya juga akan turut dirasakan masyarakat dan pelaku usaha pariwisata sendiri.

“Tersedianya dermaga akan menjadikan Sungai Pisang sebagai titik tolak menuju pulau. Dipastikan kawasan ini akan lebih ramai dan sibuk, sehingga ekonomi masyarakat lebih menggeliat, ” kata dia. (*)