Warga Payakumbuh sudah bisa bayar pajak kendaraan di Balai kota

id berita payakumbuh, mal pelayanan publik,pengertian mal pelayanan publik,fungsi mal pelayanan publik,mal pelayanan publik jakarta,mal pelayanan publik

Warga Payakumbuh sudah bisa bayar pajak kendaraan  di Balai kota

Mal Pelayanan Publik Payakumbuh (Antara/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Mal Pelayanan Publik (MPP) di Balai Kota Kota Payakumbuh kini sudah bisa melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan yang berlokasi di sisi kanan depan ruang MPP.

"Hari pertama ada lima orang yang mengurus pajak kendaraan disini, kemarin ada 14 orang dan hari ini sudah tujuh orang," ujar petugas konter layanan Samsat, Roni di Payakumbuh, Senin.

Roni mengatakan semua layanan yang diberikan baru berupa pembayaran pajak kendaraan tanpa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB.

"Di MPP kami baru melayani pembayaran pajak tanpa ganti TNKB, jika ganti TNKB masyarakat harus ke kantor induk samsat di Jalan Rasuna Said Kelurahan Tiakar," ujar dia.

Agar proses pembayaran pajak berlangsung cepat, ia menyarankan masyarakat menelusuri besar pajak yang akan dibayarkan melalui situs atau website Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat.

"Silahkan akses website Bakeuda Provinsi Sumatera Barat di www.dpkd.sumbarprov.go.id, masukan nomor plat kendaraan dan masyarakat sudah bisa mengetahui berapa besar pajak yang harus dibayarkan," katanya.

Terkait belum bisanya layanan pembayaran pajak kendaraan yang disertai dengan penggantian TNKB di konter Samsat MPP, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Tepadu Satu Pintu (PM-PTSP) Hermayunis mengatakan pada tahap awal, jenis layanan yang akan diberikan di MPP diserahkan kepada kesanggupan masing-masing institusi.

"Untuk jenis layanan di MPP, sepenuhnya kita serahkan kepada instansi yang membuka layanan. Cuma ke depan kita berharap, seluruh layanan yang ada di kantor induk juga bisa dilakukan di MPP," ujar Hermayunis.

Sementara Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi berharap instansi lain yang sudah bersedia membuka layanan publik di MPP untuk mengikuti langkah Samsat.

"Terima kasih kepada Pimpinan Kantor Samsat Payakumbuh atas kesigapannya di MPP, dan terbukti langsung dimanfaatkan masyarakat, semoga yang lain segera menyusul membuka gerai layanan," ujarnya.

Menurut rencana, fasilitas MPP Payakumbuh akan didukung oleh 16 konter pelayanan, 9 ruang pelayanan dan 10 tempat pendukung pelayanan.

Semuanya akan beroperasi penuh tepat saat peresmian atau peluncuran yang direncanakan bertepatan dengan peringatan HUT Kota Payakumbuh ke -49 17 Desember 2019.