Menristekdikti temui Presiden Jokowi bahas upaya agar kritik mahasiswa disampaikan tanpa tindakan anarkis

id Unjuk rasa mahasiswa, unjuk rasa rusuh, unjuk rasa damai, menristek dikti, Mohamad Nasir,demo mahasiswa

Menristekdikti temui Presiden Jokowi bahas upaya agar kritik mahasiswa disampaikan tanpa tindakan anarkis

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (26/9/2019). (ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menemui Presiden Joko Widodo membahas penyampaian kritik oleh mahasiswa agar dilakukan dengan upaya yang baik.

"Iya mengajak mahasiswa untuk dialog dengan baik. Tidak melakukan turun ke jalan, tapi kembali ke kampus masing-masing," kata Nasir ditemui di halaman Istana Negara Jakarta pada Kamis.

Menurut Nasir, penyampaian kritik oleh mahasiswa dapat dilakukan tanpa tindakan anarkis dan jangan sampai menimbulkan gangguan ketertiban.

Dia mengatakan pemerintah pun terbuka dalam menerima kritikan dan usulan yang konstruktif.

Menristekdikti khawatir jika unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa ke lapangan berpotensi ditunggangi pihak tidak bertanggung jawab melalui provokasi.

"Mahasiswa dalam hal ini, dalam melakukan kritik saya persilakan tapi dengan cara yang baik karena dia orang akademik, orang yang punya intelektual yang baik," ujar Nasir.

Sejumlah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi unjuk rasa pada Selasa (24/9) di depan gedung parlemen Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Selain itu gelombang unjuk rasa oleh mahasiswa juga terjadi di beberapa daerah seperti Medan, Sumatera Utara, Semarang, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Mereka menolak RUU KUHP dan UU KPK.(*)