Damkar Pesisir Selatan simulasikan cara padamkan api

id kebakaran tadi siang di jakarta, berita terkini, berita padang, berita sumbar,gaji pemadam kebakaran, lowongan pemadam kebakaran,tabung pemadam kebaka

Simulasi pemadaman api di Kecamatan Lengayang. (Antara/Didi Someldi)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar simulasi pemadaman kebakaran di Kecamatan Lengayang, daerah setempat, guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat seputar upaya penanganan insiden tersebut.

"Kegiatan ini digelar di dalam dan di luar ruangan, sehingga peserta benar-benar maksimal menyerap ilmu yang kami berikan," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan, Zulkifli di Lengayang, Rabu.

Ia menambahkan pada kegiatan tersebut peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari berbagai lapisan di masyarakat kecamatan itu.

"Upaya pemadaman penting namun yang lebih penting lagi adalah tindakan mencegahnya, khusus hal tersebut juga menjadi fokus kami pada kegiatan ini," katanya lagi.

Ia mengungkapkan pencegahan kebakaran dapat dilakukan dengan cara memastikan tidak menggunakan terminal listrik secara berlebihan di stop kontak, menggunakan kabel berstandar nasional dan lainnya.

"Jika hal itu nekat dilakukan tanpa adanya pertimbangan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan korsleting listrik yang merupakan salah satu penyebab kebakaran," katanya lagi.

Selain itu lanjutnya yang tidak kalah penting ialah cara penangan api juga menjadi fokus, terutama jika kondisinya belum terlalu besar.

"Jangan takut secara berlebihan jika berhadapan dengan api, jika kecil bisa kok ditangani tanpa mengandalkan petugas pemadam seperti menggunakan kain basah, alat pemadam api ringan dan lain sebagainya," katanya.

Hanya saja perlu dipahami beberapa teknik pemadaman sehingga tidak berisiko bagi si pemadam, seperti memperhatikan alat yang digunakan hingga menentukan arah angin dan lain-lain.

"Khusus pemadam api tadi langsung dipraktikan dan kami bersyukur peserta merespon dengan baik ilmu yang kami berikan," katanya lagi.

Ia mengatakan selain di Kecamatan Lengayang, sosialisasi serupa juga telah digelar di Kecamatan Basa IV Balai Tapan, Koto XI Tarusan, Batang Kapas dan Lengayang, sementara di Kecamatan Lunang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar