Lingkungan yang jamin hak anak dimulai dari keluarga

id Sehari bersama anak,Perlindungan anak,Mensos

Lingkungan yang jamin hak anak dimulai dari keluarga

Anak-anak menari pada kegiatan Sehari Bersama Anak di Kementerian Sosial di Jakarta, Rabu (28/8/2019). (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak semua pihak untuk menciptakan dan mewujudkan lingkungan yang menjamin hak anak.

"Harus dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, karena di situ anak pertama kali menerima pengasuhan," kata Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita disela-sela kegiatan Sehari Bersama Anak di Jakarta, Rabu.

Agus Gumiwang mengatakan, saat ini masih banyak pekerjaan rumah terkait permasalahan anak, antara lain kekerasan anak yang masih terjadi, perundungan, kekerasan seksual, sampai pada anak yang kekurangan gizi.

Pada kesempatan itu, Mensos juga berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melindungi anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sehat sebagai tunas bangsa untuk mewujudkan SDM unggul.

Begitu juga kepada keluarga, Mensos berpesan agar mengupayakan perlindungan dan menjaga agar masa depan mereka lebih baik.

"Kepada anak-anakku, yang sangat saya cintai dan banggakan, kalian semua harus selalu rajin beribadah dan taat kepada orang tua dan juga bisa menghargai teman-teman. Terpenting kalian harus selalu punya semangat dan bergembira," pesannya kepada anak-anak yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Mensos Agus Gumiwang mengatakan di rumah ia masih memiliki anak berusia 11 tahun, maka pesan yang ia sampaikan dari hati terdalam. "Anak-anak adalah penerus bangsa maka kita harus pastikan mereka bisa menempuh proses menjadi SDM yang unggul," katanya.*

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar