UNP akan buka program studi kedokteran di Bukittinggi

id UNP,Prodi Baru,Kedokteran

Mahasiswa baru UNP mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi di Auditorium UNP, Senin. (ANTARA SUMBAR/Agung Pambudi)

 Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka program studi (Prodi) kedokteran yang ditargetkan dapat berjalan pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor I UNP Prof. Yunia Wardi pada saat pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi di Auditorium UNP, Senin.

"Sekarang kami sedang mengurus semua persyaratannya dan ditargetkan dapat berjalan tahun ini atau tahun depan," katanya.

Ia menjelaskan, program studi kedokteran yang akan dibuka tersebut adalah kedokteran umum yang spesifikasinya olahraga. Namun saat ini pihaknnya belum bisa memastikan fakultas yang akan menaungi prodi tersebut.

"Yang pastinya kami tentu menunggu izin dari menteri dulu, dan selanjutnya menentukan fakultas yang relevan untuk menaungi prodi kedokteran itu," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam menyiapkan program studi kedokteran tersebut, pihaknya merencanakan membuka perkuliahan di daerah Bukittinggi.

"Rumah sakit pendidikan kedokteran UNP nantinya adalah RS Achmad Mochtar di bawah pembinaan akademik Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Andalas (Unand)," katanya.

Ia mengatakan, pembukaan Prodi bagi setiap universitas adalah prospek yang bagus, namun hal tersebut tergantung dari peminat Prodi itu sendiri.

"Percuma membuka prodi jika peminatnya tidak ada," ujarnya.

PKKMB 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi diikuti sebanyak 3.115 mahasiswa baru program S1 dan D4, dengan rincian dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 575 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berjumlah 435 orang, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berjumlah 417 orang.

Selanjutnya Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 406, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 398 orang, Fakultas Tenik (FT) berjumlah 326 orang, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) berjumlah 291 orang, dan Fakultas Ekonomi (FE) berjumlah 267 orang.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar