Pantauan udara, seperti ini kondisi arus mudik di Tol Trans Sumatera

id PUPR l,Tol trans sumatera,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik

Pantauan udara, seperti ini kondisi arus mudik di Tol Trans Sumatera

Hasil pemantauan udara menunjukkan kondisi jalan tol Trans Sumatera dalam kondisi ramai lancar. (Dokumentasi Kementerian PUPR)

Jakarta, (ANTARA) - Berdasarkan pemantauan udara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan jalan tol Trans Sumatera dalam kondisi ramai lancar.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan dari pantauan udara yang dilakukan pada pelaksanaan arus mudik di ruas tol Trans Sumatera yang telah direncanakan oleh Kementerian PUPR bersama Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri telah berjalan dengan baik.

"Ini merupakan suatu kerjasama yang sangat erat antara Pemerintah juga dengan BUJT yang telah mengelola jalan tol di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung. Dengan kualitas jalan tol yang tertata bagus, juga area istirahat (rest area) yang disiapkan. Artinya, cukup memberikan kenyamanan bagi para pemudik," ujar Danang dalam keterangan resmi yang di terima di Jakarta, Senin.

Hal ini terlihat dari pemberlakuan sistem pengaturan lalu lintas dua arah maupun satu arah serta penggunaan jalur operasional, fungsional dan fungsional terbatas terlihat lancar.

Danang mengatakan bahwa ada catatan penting yang perlu diperhatikan pada saat arus balik lebaran nanti, BUJT juga perlu mempersiapkan diri lebih baik lagi. Karena dengan waktu yang terbatas sekitar tanggal 8, 9, dan 10 Juni 2019 selama tiga hari perlu diperhatikan pelayanan yang maksimal di jalan tol kepada masyarakat yang akan kembali ke Jakarta dari Sumatera untuk melaksanakan tugasnya setelah lebaran.

"Harapan kami kepada para pengguna jalan tol harus tetap memperhatikan kondisi jalan, kondisi stamina tubuh, dan jangan lupa beristirahat ketika badan lelah. Jangan lupa isi saldo uang elektronik dan bahan bakar yang cukup, serta ikuti aturan berkendara yang telah disusun oleh Korlantas Polri," katanya.

Sementara itu Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menambahkan bahwa kelancaran arus mudik ini merupakan sinergi yang kuat antara Hutama Karya bersama dengan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan serta Kementerian PUPR yang telah bersama-sama menjalankan program mudik ini dengan sebaik-baiknya.

"Kami pastikan untuk arus balik lebaran nanti, kendaraan yang melintas juga akan berjalan dengan lancar," ujar Bintang Perbowo.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit bersama Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Zarkasi, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, dan Kepala Divisi OPJT Hutama Karya J. Aries Dewantoro melakukan pantauan udara pelaksanaan arus mudik Lebaran 2019 di Tol Trans Sumatera, pada Minggu, (2/6/19).

Pantauan udara dimulai dengan menyusuri ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi S dilanjutkan dengan Jalan Tol Trans Sumatera mulai dari ruas Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung hingga Indralaya - Palembang.

Dari hasil pantauan udara, baik pemudik yang melakukan transaksi di pintu masuk gerbang tol Bakauheni Selatan hingga yang melintas di ruas jalan tol Trans Sumatera yang dibuka secara fungsional mulai dari pukul 06.00 - 17.00 WIB sepanjang 189 km ini terlihat ramai lancar tanpa adanya antrean kendaraan. (*)