Puncak Arus Mudik di Bukittinggi Berlangsung Besok

id mudik

Sejumlah kendaraan dari arah Bandung saat melintasi perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat di Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jateng, Sabtu (1/6/2019) siang atau H-4 Lebaran 2019. (Foto: Sumarwoto)

Bukittinggi (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 1440 Hijrian yang melewati daerah tersebut akan berlangsung besok (2/6).

Kaur Bin Ops Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi Iptu Saherman di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan hingga Sabtu(1/6) sudah tampak peningkatan arus kendaraan yang melalui dalam kota tersebut.

"Jika dipantau dari arus lalu lintas sudah nampak peningkatan sekitar 20 persen dibanding kondisi lalu lintas di hari-hari biasa. Namun angka ini tidak tetap karena kondisi lalu lintas sepanjang pagi hingga sore ini berubah-ubah," jelasnya.

Hingga Sabtu sore, ia menerangkan sudah ada peningkatan kendaraan roda empat yang melalui Bukittinggi terutama kendaraan dari arah Padang menuju Sumatera Utara dan dari arah Pekanbaru menuju Pariaman.

"Besok perkiraan kami dari tiga daerah pintu masuk Bukittinggi akan lebih ramai lagi karena anak sekolah dan pegawai semuanya sudah masuk libur panjang," katanya.

Sementara pantauan di beberapa ruas jalan di Bukittinggi seperti Jalan Sudirman, Jalan Panorama mulai Sabtu pagi sekitar pukul 10.00 arus lalu lintas tampak ramai oleh kendaraan pribadi roda empat.

Kondisi tersebut menjelang sore pukul 15.00 WIB tampak berangsur sepi.

Dalam mendukung keamanan dan kenyamanan arus mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah, melalui Operasi Ketupat kepolisian setempat menyediakan lima pos pengamanan, satu pos pelayanan dan delapan pos pantau.

Agar dapat menikmati mudik dengan nyaman ia mengimbau para pemudik menjaga kondisi kesehatan. Bagi yang membawa kendaraan diingatkan agar mengecek kendaraan sebelum memulai perjalanan untuk menghindari kemungkinan buruk di jalan.

"Pastikan kondisi pengemudi siap menempuh perjalanan. Jika mulai terasa lelah, manfaatkan 'rest area' seperti masjid dan SPBU untuk sejenak istirahat sebelum meneruskan perjalanan, patuhi aturan berlalu lintas dan bawa surat-surat kelengkapan kendaraan," katanya.
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar