CPNS Pasaman Barat ikuti pelatihan dasar

id Syahiran,Pelatihan CPNS,Pasaman Barat

CPNS Pasaman Barat ikuti pelatihan dasar

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat memasangkan kokarde kepada salah seorang CPNS yang mengikuti pelatihan dasar di Simpang Empat, Senin (22/4). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Sebanyak 217 orang Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) yang lulus pada 2018 mengikuti pelatihan dasar untuk meningkatkan kemampuan di bidang pemerintahan, Senin.

"Pelatihan dasar ini sangat penting diikuti. Diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengikuti dengan serius," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan peraturan Lembaga Administrasi Negara RI nomor 25 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS golongan III, diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dasar.

Bukan hanya sekedar kewajiban untuk memperoleh pengakuan kelulusan CPNS saja.

"Pelatihan ini berguna untuk peningkatan pengetahuan, keahlian dan keterampilan yang cukup agar dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di segala bidang sesuai dengan tugas masing-masing," ujarnya.

Ia melanjutkan, pelatihan dasar tersebut sangat penting diikuti dengan serius. Kepada seluruh CPNS dilingkungan Pemkab Pasaman Barat dapat mengikuti dengan maksimal.

Menurutnya pelatihan dasar dilakukan hingga November mendatang dengan jumlah sebanyak enam angkatan.

"Saat ini status semuanya adalah calon PNS atau masih dalam masa percobaan selama satu tahun. Sehingga belum ada jaminan pasti akan diangkat menjadi PNS," tegasnya.

Sementara itu pelaksana tugas Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Raf'an menyatakan bahwa selama pelaksanaan pelatihan dasar CPNS diasramakan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Talu Kecamatan Talamau.

"Jumlah CPNS kita 217 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan, dokter, guru dan penyuluh. Jadi peserta Diklat kita bagi menjadi enam angkatan," katanya. (*)