Rekan sesama artis Minang mengantarkan pemakaman Nedi Gampo

id Nedi Gampo meninggal,pemakaman nedi gampo

Rekan sesama artis Minang mengantarkan pemakaman Nedi Gampo

Artis Minang An Roys (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Rekan sesama artis Minang mengantarkan kepergian almarhum Nedi Gampo di rumah duka Parak Jua Kecamatan Limo Kaum Batusangkar, Kamis.

Rekan sesama penyanyi Minang, An Roys di Batusangkar mengatakan sosok Nedi Gampo adalah pribadi yang ceria dan sesepuh bagi kalangan musik Minang sehingga saat beliau meninggal semua orang merasa kehilangan.

"Saya mewakili rekan sesama artis Minang menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Nedi Gampo semoga beliau ditempatkan disisinya," katanya.

Ia mengatakan semenjak mengenal Nedi Gampo pada 23 tahun silam, ia menjadi sosok yang sering memotifvsi dirinya dalam berkarya musik. Bahkan ia merasakan pahit manisnya perjuangan bersama sang almarhum.

Ia menceritakan Kenangan yang tidak terlupakan bersama dia adalah saat pergi manggung ke Nagari Sasak di Kabupaten Pasaman Barat pada 1994 dengan menggunakan vespa.

"Sampai saat ini kenangan itu masih menjadi pengalaman yang paling saya ingat bersama dengan almarhum," katanya.

Sementara rekan sesama artis lainnya, Budi Setia alias Buset yang juga hadir pada pemakaman itu mengatakan sosok Nedi Gampo merupakan pribadi pantang menyerah, meskipun dia dalam keadaan sakit tetapi dia tidak pernah penampakkannya.

Sebagai salah satu artis senior ia adalah sosok yang tidak mau merepotkan orang lain, dan pribadi yang memperjuangkan nasip rekan sesama artis.

"Sebagai salah seorang pembina dalam Persatuan Artis Komedi Indonesia (Paski) Sumatera Barat bagi saya ia adalah seorang yang menjadi motifasi saya. Semoga beliau ditempatkan ditempat yang baik," harapnya.

Sementara adik dari Nedi Gampo Noverman mengatakan Nedi Gampo meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Jamil Padang Kamis pagi dalam usia 54 tahun. Ia dirawat seusai kembali manggung dari Tanjung Pinang.

"Kami sekeluarga merasa kehilangan sosok beliau yang humoris dan disegani anak kemenakan. Karena sebelum meninggal tidak ada tanda-tanda bahwa ia akan meninggal," ujarnya.

Direncanakan ia akan dimakamkan di tempat pemakaman keluarga di Pincuran Tujuh Kota Batusangkar.

Diketahui Nedi Gampo lahir di Batusangkar, 23 April 1965 dan dikenal sebagai musisi Minang yang multitalenta dan dikenal kocak dalam setiap penampilannya.

Sejumlah album yang pernah dikeluarkan Nedi Gampo antara lain Sagalo Gadang 1993 Produksi Pitunang Record, Pisau Silet 1995 Produksi Gita Virma Record, Aki Suak 1996 Produksi Baramas, Jawinar 1998 Produksi Gita Virma Record, Bangku Angek 2000 Produksi Gita Virma Record.

Kemudian, Uwia-uwia Mintah Gatah 2001 Produksi Gita Virma Record, Dimakan Caciang 2005 Produksi Gita Virma Record, Angguak-angguak Geleng 2007 Produksi Gita Virma Record, Barangkek Kosong 2008 Produksi Balada Record.

Nedi Gampo juga mencalonkan diri sebagai calon legislatif pad a pemilu 2019 untuk DPRD Sumbar dari Partai Gerindra untuk dapil 6 meliputi Kabupaten Tanah Datar, Padang Panjang, Sawahalunto, Sijunjung, dan Dharmasraya. (*)