Raja-raja nusantara penuhi jalan di Batusangkar

id Kirab, raja, keraton

Tuanku Mudo Istano Silinduang Bulan Kerajaan Pagaruyuang Darul Qarar, Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah dalam Kirab Raja-raja Nusantara yang digelar di Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Puluhan raja-raja se-nusantara memenuhi ruas jalan di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat pada kirab dalam rangkaian kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) XII yang digelar di daerah tersebut.

Kirab raja-raja nusantara tersebut merupakan salah satu agenda dalam rangkaian acara FKN ke XII yang digelar sejak tanggal 27 sampai 30 November 2018 yang diikuti oleh kerajaan yang tergabung dalam Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN).

"Kita bersyukur kirab ini dapat terlaksana di Tanah Datar, sebab belum tentu dalam waktu 20 sampai 50 tahun lagi akan berlangsung kegiatan yang sama," kata Sekjen FKIKN, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandan Sari di Batusangkar, Kamis.

Kepada masyarakat Tanah Datar, ia mengucapkan terimakasih karena telah menyambut ramah kegiatan Festival Keraton yang digelar di daerah itu.

Kirab yang dilepas di depan Lapangan Cindua Mato tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang ingin menyaksikan langsung prosesi jalannya kirab sekalipun diguyur hujan.

Kegiatan festival yang digelar selama empat hari tersebut dihadiri oleh setidaknya 60 raja dan sultan dari berbagai kerajaan yang tersebar di Indonesia dan bahkan juga luar negeri.

Selain dari FKIKN, pada festival ini juga hadir beberapa kerajaan sebagai perwakilan dari Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN).

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada FKIKN yang telah memilih daerah tersebut untuk pelaksanaan FKN ke XII tahun 2018.

"Tanah Datar adalah pusat kebudayaan dan melalui festival ini kita akan lebih bersungguh-sungguh dalam mengamalkan nilai adat dan budaya untuk ke depannya," ujarnya.

Sebelumnya, Putra Mahkota Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Luqman Zulkaedin mengatakan dalam kegiatan tersebut ia berangkat bersama lebih kurang 20 orang pengiring.

Rombonngan tersebut nantinya akan mengisi beberapa agenda yang telah disiapkan selama festival, seperti kirab, penampilan kesenian serta pameran.

"Kami rombongan dari Keraton Kasepuhan Cirebon lebih kurang berjumlah 20 orang," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar