Terduga pelaku penembakan nyasar gedung DPR diperiksa, anggota Perbakin Tangerang Selatan

id penembakan,tembakan nyasar

Terduga pelaku penembakan nyasar gedung DPR diperiksa, anggota Perbakin Tangerang Selatan

Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) menyampaikan keterangan disaksikan Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (kiri) terkait penembakan ruangan anggota DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/10). Dua ruangan anggota DPR Wenny Warouw dan Bambang Heri Purnama diterjang peluru yang diduga berasal dari latihan menembak di lapangan tembak Perbakin. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc/18.

Jakarta, (Antaranews Sumbar)- Kepala Divisi Humas Polri Irjen Polisi Setyo Wasisto mengatakan bahwa I, terduga pelaku penembakan salah sasaran ke ruangan dua anggota DPR RI di Gedung Nusantara I Komplek Gedung DPR Jakarta, masih diperiksa di Polda Metro Jaya.

"Yang bersangkutan sedang diminta keterangan oleh penyidik Polda Metro Jaya," kata Irjen Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

I adalah anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Tangerang Selatan.

Menurut Setyo, pada Senin (15/10) sekitar pukul 13.00-15.00 WIB digelar latihan menembak di Lapangan Tembak Senayan yang lokasinya tak jauh dari Kompleks Parlemen, Jakarta.

Dalam latihan tersebut, I menggunakan senjata laras pendek dengan proyektil peluru berkaliber sembilan mm.

"Yang latihan menembak ada beberapa orang, tapi yang menggunakan kaliber sembilan mm cuma satu orang," katanya.

Namun demikian, untuk memastikan peluru salah sasaran itu benar-benar milik I, maka sejumlah barang bukti masih diteliti di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. Polisi pun masih menunggu hasil pemeriksaan lab tersebut.

"Nanti menunggu hasil lab forensik," kata Irjen Setyo.

Setyo mengungkapkan bahwa kejadian tembakan salah sasaran ini bukan pertama kalinya.

"Sudah dua kali. Dulu tahun 2009. Waktu itu peluru nyasar pada saat ada kejuaraan di lapangan tembak," katanya.

Sebelumnya, peluru diduga dari senjata api anggota Perbakin yang berlatih menembak di Lapangan Tembak Senayan menyasar ke ruangan dua anggota DPR RI Wenny Warouw di lantai 16 dan Bambang Heri Purnama di lantai 13 pada Senin (15/10) sekitar pukul 14.40 WIB.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. (*)