Menag serahkan bantuan korban banjir Tanah Datar

id Banjir, menag, bantuan,Banjir Tanah Datar

Menag serahkan bantuan korban banjir Tanah Datar

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Secara spontan saya bersama ASN di lingkungan Kementerian Agama berusaha meringankan beban korban bencana yang diserahkan langsung melalui Pemkab Tanah Datar,” katanya saat berkunjung ke Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan, bantuan itu dikumpulkan secara spontan setelah mendengar kabar terkait bencana tersebut, dan pihaknya berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp100 juta rupiah.

Menurut dia, dengan diserahkannya bantuan tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban korban yang terdampak bencana serta menderita kerugian materi.

Selain itu bagi korban yang tertimpa musibah dan keluarga korban luka maupun meninggal dunia, ia mendoakan agar dapat tabah menghadapi cobaan tersebut.

"Pagi ini saya mendapatkan informasi di Lintau Tanah Datar telah terjadi longsor dan banjir bandang yang juga memakan korban jiwa, luka-luka serta kerugian materi," ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan sehingga dapat membantu meringankan beban korban.

Ia menyebutkan, banjir bandang mulai terjadi sekitar pukul 18.30 WIB pada Kamis (11/10) itu merusak beberapa bangunan milik masyarakat serta memakan korban jiwa.

Atas kejadian itu pemerintah setempat memberlakukan masa tanggap darurat selama sepekan yang dimulai dari tanggal 11 Oktober atau saat musibah itu terjadi.

Penyerahan bantuan terhadap korban banjir bandang di Kecamatan Lintau Buo Utara itu dilakukan seiring dengan kunjungan Menteri Agama dalam rangka pembukaan Batusangkar Internasional Conference yang digelar oleh IAIN Batusangkar di salah satu hotel di daerah tersebut. (*)