Pemkab Solok beri bantu traktor kepada kelompok tani kopi

id Kopi,Traktor

Biji kopi hitam dan hijau. (Shutterstock) (Shutterstock/)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menyerahkan traktor bantuan untuk kelompok tani kopi Kecamatan Hiliran Gumanti untuk membantu meningkatkan produksi kopi di daerah tersebut.

"Tolong dipelihara dengan baik alat ini agar menghasilkan kopi dengan kualitas yang baik dan bermutu," kata Bupati Gusmal saat menyerahkan bantuan traktor di Pondok Kebun Kopi Hiliran Gumanti, Selasa.

Ia berharap petani terus mengembangkan penanaman kopi, sebab kopi merupakan komoditas pilihan yang semakin terbatas petaninya.

Petani juga harus menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk melancarkan penjualan hasil panen kopi tersebut.

"Petani harus mengetahui bagaimana alur produksi kopi hingga dipasarkan. Jadi, mudah bekerja sama dengan penjual dan pemasok," katanya.

Sebab, keterbatasan petani bukan dalam produksi dan penanaman kopi, tapi dalam hal pemasaran dan kemasan penjualan.

"Masih banyak petani yang belum pandai dalam memperluas jaringan pemasaran. Ini harus dibina guna memperluas jangkauan penjualan kopi," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya usaha pertanian kopi ini mampu menunjang perekonimian para petani dan masyarakat sekitar.

Acara juga dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Kasmudi dan Arlon Sutan Sati, juga Camat Hiliran Gumanti, Syafrudin. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar