Program studi kedokteran dan manajemen pilihan favorit SBMPTN 2018

id Ravik Karsidi

Program studi kedokteran dan manajemen pilihan favorit SBMPTN 2018

Ketua Panitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ravik Karsidi. (cc)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Program studi kedokteran dan manajemen menjadi program pilihan favorit pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Prodi yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun sebelumnya. Untuk kategori sains dan teknologi (saintek), yang paling banyak diminati adalah ilmu kedokteran, farmasi dan teknik informasi. Sementara untuk kategori sosial humaniora (soshum) yang paling banyak diminati adalah manajemen, akuntansi dan ilmu komunikasi," ujar Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi, di Jakarta, Selasa.

Sementara, program studi baru yang diminati yaitu aktuaria dan ilmu komputer. Menurut Ravik, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan revolusi industri 4.0.

PTN yang paling banyak pendaftarnya untuk kategori saintek yakni Universitas Brawijaya dengan jumlah pendaftar sebanyak 59.995 pendaftar. Sementara untuk soshum, Universitas Padjajaran paling banyak pendaftarnya dengan jumlah 58.827 pendaftar.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kampus dengan nilai rerata tertinggi dengan jumlah 659,26 untuk kategori saintek dan 648,33 untuk kategori soshum.

Pengumuman SBMPTN dilakukan secara online pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau mulai pada hari ini Selasa 3 Juli 2018 mulai pukul 15.00 WIB atau selambat-lambatnya pukul 17.00 WIB. Untuk melihat hasil seleksi, peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir melalui laman tersebut. Peserta yang lolos diharapkan segera melakukan pendaftaran ulang pada masing-masing PTN sesuai jadwal. (*)