Goenawan Mohamad mengaku lebih sreg melukis dibanding menulis

id Goenawan Soesatyo Mohamad

Goenawan Mohamad mengaku lebih sreg melukis dibanding menulis

Sastrawan Goenawan Soesatyo Mohamad. (cc)

Saya menggambar sejak kecil, tetapi apa saya sudah jadi perupa? Belum. Itu juga yang menjadi pertanyaan saya
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Sastrawan terkemuka Tanah Air Goenawan Soesatyo Mohamad atau Goenawan Mohamad mengaku lebih sreg melukis dibandingkan menulis.

"Saya menggambar sudah sejak kecil. Sebenarnya, saya lebih sreg menggambar dibandingkan menulis," ujar Goenawan Mohamad di Jakarta, Kamis.

Goenawan Mohamad bersama Faber-Castell melakukan pameran tunggal seni lukis "warna" di Plasa Senayan, Jakarta. Pameran tersebut terdiri atas 31 lukisan karya belum dipublikasikan.

Ia menambahkan dalam melukis ia tak membutuhkan waktu lama. Rencananya dalam waktu dekat, ia akan kembali melakukan pameran tunggal dengan menampilkan 200 karya lukis.

"Saya menggambar sejak kecil, tetapi apa saya sudah jadi perupa? Belum. Itu juga yang menjadi pertanyaan saya," katanya disambut gelak tawa.

Goenawan mengaku lebih senang menggambar dengan menggunakan pensil warna Faber Castell karena bisa menggabungkan pensil dan cat air. Sebagian besar lukisan yang ditampilkan mengenai atau salah satu jenis wayang khas Tiongha.

Disinggung mengenai tema pamerannya, dia menjelaskan bahwa warna mempunyai petualangannya sendiri. Tidak hanya sekedar mengulang apa yang tampak oleh seorang perupa.

"Dalam karya cat air, sering warna mengikuti alur dan percampurannya sendiri, seakan-akan hidup, bergerak dari tangan perupa, dalam kebasahan ke atas kertas," jelas dia.

Sementara itu, Direktur Faber Castell Internasional Indonesia, Yandramin Halim, mengatakan pihaknya memperkenalkan manfaat menggambar bagi anak-anak karena baik untuk meluapkan emosi dan perasaan, memupuk kreativitas, latihan konsentrasi hingga kegiatan relaksasi.

"Kami juga melakukan berbabagi pelatihan seni lukis dan warna untuk berbagai kalangan usia," kata Yandra.

Yandra mengatakan aktifnya seorang Goenawan Mohamad melukis merupakan tambahan bagi kekuatan bagi dunia lukis Tanah Air.

"Ketenaran pemikiran beliau yang tertuang dalam bahasa tulisan merupakan daya tarik tersendiri dalam mengapresiasi karya seni lukis yang beliau tekuni," cetus Yandra. (*)