Legislator Ajak Masyarakat Perkuat Keamanan Lingkungan

id safari

Legislator Ajak Masyarakat Perkuat Keamanan Lingkungan

Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim memberikan arahan kepada jamaah Masjid Nurul Huda di Nagari Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Antara Sumbar/Mario Sofia Nasution .

Padang, (Antaranews Sumbar ) - Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim mengajak masyarakat di daerah itu untuk memperkuat keamanan lingkungan yang bertujuan untuk meminimalkan terjadinya tindakan kriminal.

"Kami mengajak masyarakat meningkatkan ronda malam dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan mengingat akhir-akhir ini banyak aksi teror maupun tingginya peredaran narkotika," kata dia di Padang, Minggu.

Menurut dia hal ini juga disampaikannya saat tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat mengunjungi Masjid Nurul Huda di Nagari Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya pada Jumat (25/5).

Aktivitas ronda malam bermanfaat untuk meningkatkan tali persaudaraan antara warga di lingkungan tersebut karena satu dengan yang lain saling menjaga keamanan lingkungan.

Apabila ronda malam ini aktif dan warga peduli dengan lingkungan, warga akan mengetahui jika ada orang baru masuk kawasan mereka, orang yang mencurigakan dapat terdeteksi oleh masyarakat.

"Jika ada orang baru yang mencurigakan laporkan kepada wali nagari sehingga bisa dimintai keterangan. Saya berharap seluruh masyarakat hendaknya terlibat dalam peningkatan keamanan lingkungan," kata dia.

Selain itu Kabupaten Dharmasraya, lanjutnya merupakan kawasan perbatasan dengan provinsi Jambi dan dekat dengan Provinsi Riau sehingga menjadi daerah perlintasan peredaran narkotika.

Ia meminta para orang tua agar meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak-anak mereka agar tidak terlibat peredaran gelap narkotika.

"Peranan orangtua dan ninik mamak dalam menjaga generasi muda juga diperlukan agar terhidar dari pengaruh buruk narkoba. Saat ini Sumbar masuk dalam 10 besar provinsi paing banyak terjadi peredaran narkoba dan ini perlu diperhatikan bersama," kata dia.

Selain itu saat ini juga berkembang orientasi seksual yang menyimpang seperti Lesbian,Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang mengancam generasi muda.

"Saya meminta agar masjid kembali diramaikan oleh anak-anak kita dan mereka mendapatakan ilmu serta pemahaman agama yang kuat di sini. Apabila pemahaman agamanya kuat, pengaruh buruk yang datang dapat dihindari." kata dia.

Sementara Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan mengatakan penguatan nilai-nilai agama terus dilakukan di masjid dan mushalla untuk membentengi generasi muda terhadap peredaran narkotika dan paham LGBT.

Ia meminta kepada pemerintah provinsi untuk membantu pembangunan masjid yang ada di kabupaten tersebut salah satunya adalah Masjid Nurul Huda yang berada di Nagari Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

"Saat ini pembangunan masjid menjadi lantai dua agak terkendala pendanaan, kami berharap pemprov juga ikut terlibat dalam pembangunan salah satu masjid tertua di kabupaten ini," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat juga memberikan bantuan keuangan sebesar Rp20 juta dan tiga lembar karpet kepada pengurus Masjid Nurul Huda.