PDI-P, PKB dan Gerindra akan duduki tiga unsur pimpinan MPR

id MPR

PDI-P, PKB dan Gerindra akan duduki tiga unsur pimpinan MPR

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). (Antara)

Kepastian itu disampaikan oleh pimpinan masing-masing partai, tapi masih menunggu hasil pembahasan pada rapat gabungan MPR RI
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Tiga partai politik, yakni PDI Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra memastikan kadernya akan menduduki jabatan tambahan pimpinan MPR RI.

Kepastian itu disampaikan oleh pimpinan masing-masing partai, tapi masih menunggu hasil pembahasan pada rapat gabungan MPR RI yang akan diselenggarakan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu, mulai pukul 13.00 WIB.

Rapat gabungan yang akan dipimpin Ketua MPR Zulkifli Hasan mengagendakan pembahasan penambahan tiga pimpinan MPR serta jadwal pelantikan.

Rapat gabungan akan dihadiri pimpinan MPR, pimpinan Fraksi-fraksi di MPR, Kelompok DPD di MPR serta pimpinan Alat Kelengkapan MPR.

Zulkifli Hasan mengatakan, pimpinan MR sudah menerima surat dari DPP PDI Perjuangan perihal penunjukan kadernya, yakni Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR Ahmad Basarah untuk menduduki jabatan wakil ketua MPR.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, PKB memastikan ketua umumnya, Muhaimin Iskandar, untuk menduduki jabatan wakil ketua MPR.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Ferry Juliantono juga menyatakan, Partai Gerindra sudah memastikan menunjuk sekretaris jenderal partai tersebut, Ahmad Muzani, untuk menduduki jabatan wakil ketua MPR.

Mengenai rangkap jabatan Oesman Sapta sebagai Wakil Ketua MPR dan Ketua DPD RI, Zulkifli Hasan pada Senin (19/3) petang mengatakan pimpinan MPR belum menerima surat penunjukan penggantian pimpinan dari DPD RI.

Penambahan jabatan tiga Wakil Ketua MPR RI berdasarkan amanah Perubahan Kedua UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) yang menjadi UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3.(*)