Messi gagal cetak gol saat Barcelona hempaskan Eibar 2-0

id Messi

Lionel Messi. (Reuters)

Eibar, (Antaranews Sumbar) - Barcelona kembali ke jalur kemenangan pada Sabtu setelah dua kali bermain imbang, meraih kemenangan 2-0 di markas Eibar berkat gol dari Luis Suarez dan Jordi Alba untuk membuat mereka unggul sepuluh poin di puncak klasemen Liga Spanyol.

Suarez memaksimalkan operan dari Lionel Messi untuk menggiring bola mengecoh kiper tuan rumah dan memasukkan bola ke gawang yang kosong pada menit ke-16, sedangkan upaya Messi mengenai tiang gawang pada kesempatan berikutnya, serupa dengan peluang yang dimiliki pemain Eibar Fabian Orellana, yang diusir keluar lapangan saat pertandingan menyisakan waktu 25 menit akibat menerima kartu kuning kedua.

Pelatih Eibar Jose Luis Mendilibar juga diusir dari area teknik karena protes bercampur kemarahannya terhadap wasit Alejandro Hernandez Hernandez.

Di tempat lain di Liga Spanyol, Valencia mampu meraih kemenangan 2-1 di markas klub juru kunci Malaga dan memastikan mereka akan mengakhiri akhir pekan dengan menduduki peringkat ketiga, sedangkan Sevilla melakukan pemanasan untuk pertandingan Liga Champions mereka melawan Manchester United pekan depan dengan kemenangan 2-1 atas Las Palmas.

Di Eibar, operan Messi kepada Suarez membuat ia selevel dengan pemain legendaris Real Madrid Michel sebagai pemberi assist terbanyak dalam sejarah Liga Spanyol, dengan 147 operan yang berbuah gol.

Messi juga terlibat ketika Barca akhirnya memaksimalkan keunggulan jumlah pemain mereka pada menit ke-88, berlari menuju gawang dan ke arah kiper Eibar Marko Dmitrovic, membuat Alba mampu meneruskan bola ke sudut dekat dengan kaki kanannya yang lebih lemah.

Gol Alba, yang ia rayakan dengan menghisap ibu jarinya sebagai dedikasi untuk putranya yang baru lahir, mengunci kemenangan pertama Barca dalam tiga pertandingan setelah mereka secara mengejutkan ditahan imbang Espanyol dan Getafe, yang memangkas keunggulan mereka di puncak klasemen liga dari 11 menjadi tujuh poin.

Kemenangan yang didapat dengan susah payah ini membua Barca mengoleksi 62 poin di musim ini, unggul sepuluh poin atas penantang terdekat Atletico Madrid, yang akan bermain melawan Athletic Bilbao pada Minggu. Juara bertahan Real akan melawat ke markas Real Betis di hari yang sama.

Kemenangan Barca juga memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka di liga menjadi 31 pertandingan dalam dua musim, menyamai rekor klub yang diukir oleh pasukan Pep Guardiola pada April 2011.

"Sangat penting bagi kami untuk menang pada hari ini setelah dua hasil imbang," kata pelatih Barca Ernesto Valverde.

"Mereka (Eibar) menekan kami dengan sangat kuat dan bermain di level yang sangat tinggi. Kami kesulitan pada babak kedua dan diperlukan waktu yang lama untuk masuk ke area mereka, namun ini menjadi lebih mudah ketika mereka kehilangan satu pemain."

Valverde menurunkan tim dengan kekuatan penuh meski faktanya timnya akan menghadapi pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champion di markas Chelsea pada Selasa, dan ia memulai pertandingan dengan memainkan gelandang veteran Andres Iniesta bukannya rekrutan termahal Philippe Coutinho, meski pemain Brazil itu tidak bisa tampil pada pertandingan-pertandingan level Eropa.

Secuil keberuntungan

Penyerang Nigeria Brown Ideye membawa Malaga secara mengejutkan unggul pada menit ke-27 saat melawan pasukan Marcelino, ketika mereka mengincar kemenangan perdana di liga sejak 10 Desember, namun Francis Coquelin menyamakan kedudukan pada menit ke-80 dan kapten Dani Parejo mengemas gol penentu kemenangan dari titik penalti pada menit ke-85.

Sevilla melakukan pemanasan untuk pertandingan Rabu melawan Manchester United dengan kemenangan 2-1 di markas tim yang terancam degradasi Las Palmas untuk naik ke peringkat kelima, untuk sementara, di klasemen.

Pasukan Vincenzo Montella melaju untuk unggul dua gol melalui upaya Wissam Ben Yedder dan Pablo Sarabia dalam kedua babak.

Tim tuan rumah mencetak gol balasan melalui penalti Jonathan Calleri dan Sevilla menikmati secuil keberuntungan ketika Alejandro Galves mengemas gol untuk Las Palmas menjelang pertandingan usai, namun golnya tidak disahkan karena offside.

Deportivo La Coruna menelan kekalahan kedua beruntunnya di bawah asuhan Clarence Seedorf, tim asuhan pria Belanda itu kalah 0-1 di markas Alaves berkat gol mantan pemain Barcelona Munir El Haddadi. Deportivo tetap berada di peringkat kedua dari bawah dengan 17 poin, sedangkan Alaves naik sepuluh poin menjauhi zona degradasi.

Malaga tetap terpuruk di dasar klasemen dengan 13 poin. (*)

Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar