Puncak HPN, hindari jalan ini

id HPN,rekayasa lalu lintas,Polresta Padang

Puncak HPN, hindari jalan ini

Kepala Kepolisian Resor Kota Padang, Kombes Pol Chairul Aziz. (Antara Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Polresta Padang, Sumatera Barat melakukan rekayasa lalu litas di lokasi puncak Hari Pers Nasional yang dipusatkan di Pantai Cimpago pada Jumat (9/2).

"Jalur kendaraan yang masuk ke lokasi akan kami alihkan sehingga jalur ke sana menjadi steril," kata Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, Kamis.

Menurut dia jalur masuk ke lokasi dari depan Polsek Padang Barat yang berada di jalan S Parman Kecamatan Padang Barat akan ditutup selama perayaan HPN kecuali bagi kendaraan tamu.

"Jalur itu hanya satu arus untuk mengantarkan tamu masuk ke lokasi peringatan puncak HPN," kata dia.

Sementara untuk jalur masuk ke lokasi dari jalan Samudra juga akan ditutup di depan Hotel My All yang berada Jalan Olo Ladang Kecamatan Padang Barat.

"Lokasi ini ditutup sejak pagi hingga pelaksanaan puncak HPN selesai dilakukan," katanya.

Selain itu pihaknya berkoordinasi dengan Polda Sumbar untuk melakukan pengamanan lokasi perayaan dari ancaman bahan peledak dengan melakukan pemeriksaan sesuai dengan standar yang ada.

Ia menyebutkan untuk pengamanan jalur menuju lokasi, Polresta Padang menurunkan sekitar 600 personel.

"Kita persiapkan petugas agar menjalankan fungsinya masing-masing seperti Bhabinkamtibmas, intel, lalu lintas dan lainnya untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan," kata dia.

Ia mengimbau seluruh masyarakat agar berupaya memberikan kenyamanan dan keramahan bagi tamu yang datang ke kota ini untuk memperingati Hari Pers Nasional.

"Seyogyanya kita berikan keramahan kepada tamu yang datang, ini merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan di Kota Padang. Mari kita sukseskan bersama," kata dia.

Sebelumnya Pemkot Padang menyatakan kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dimulai sejak Senin (5/2) meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

"Bila diukur hari kerja, hampir terjadi kenaikan 200 persen pengunjung dari hari bukan HPN," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi.

Dia menyebutkan secara kasar sejak tanggal 1 Februari 2018, ada sekitar 700 hingga 800 pengunjung setiap hari ke Pantai Air Manis dan jumlah yang sama juga ke Pantai Cimpago dan Muaro Lasak.

Jumlah ini meningkat drastis dibanding hari biasa sebelum HPN yang mencapai 100 hingga 200 orang per hari.

Di samping itu dari 70 hotel yang ada sebagian besar terisi penuh khususnya pada hotel berbintang dan dekat objek wisata serta pusat kegiatan HPN. Beberapa restoran khususnya 51 yang terekomendasi juga selalu dipenuhi pengunjung. (*)