Kempupera Bantu Dharmasraya Bikin PLTMH

id Listrik,Kempupera,Plmth

Kempupera Bantu Dharmasraya Bikin PLTMH

Gardu Induk pembangkit listrik. (ANTARA FOTO)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah pusat bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik di daerah itu.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan rencana pembangunan tersebut akan dilaksanakan di bendungan Sungai Batanghari yang berada di Kecamatan Pulau Punjung.

"Kami atas nama pemerintah mengapresiasi dan menyambut baik rencana ini karena penambahan daya listrik dibutuhkan masyarakat," ujarnya.

Jika pembangunan PLTM terealisasi akan mampu membuka peluang investasi di Kabupaten Dharmasraya.

Menurutnya persoalan listrik menjadi pertimbangan utama bagi investor untuk berivestasi, misalnya bidang di perhotelan, pabrik, dan lainnya yang membutuhkan aliran listrik cukup bagus.

Sementara, Kasubdit Pemanfaatan Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Saroni Soegiarto, mengemukakan pembangunan PLTM diyakini tepat dilakukan di Dharmasraya melihat potensi air yang cukup besar di daerah itu.

"Potensi air pada bendungan Sungai Batanghari ini mencapai 86 kubik, sedangkan yang terpakai untuk kebutuhan irigasi sekitar 25 kubik. Sisanya ini yang akan dimanfaatkan untuk pembagkit listrik," jelasnya.

Kementerian PUPR menggandeng swasta untuk pelaksanaan proyek pembangunan PLTM, tambahnya.

"Proses pembangunan masih dalam proses lelang. Setidaknya ada tiga investor yang akan dilibatkan untuk pembangunan PLTM ini," ujarnya. (*)