Sumbar Relatif Aman dari Konflik Sosial

id wantimpres, sumbar, aman, konflik

Sumbar Relatif Aman dari Konflik Sosial

Ilustrasi. (ANTARA SUMBAR/Martius)

Padang, (Antara Sumbar) - Dewan Pertimbangan Presiden RI (Wantimpres) menyatakan bahwa Sumatera Barat (Sumbar) termasuk daerah relatif aman dari berbagai macam konflik sosial.

"Secara keseluruhan konflik sosial di Sumbar jarang terjadi, jika ada lebih pada kepentingan," kata salah satu anggota Wantimpres Yusuf Kartanegara saat berkunjung ke Padang, Senin.

Menurutnya konflik yang terjadi beberapa waktu lalu di Sijunjung dan Dharmasraya lebih pada kepentingan lain, semisal ekonomi.

"Secara khusus konflik sosial memiliki banyak pemicu, selain kepentingan, ada provokasi dan perbedaan pemikiran," ujarnya.

Di Sumbar sendiri, menurut Yusuf jarang terdengar informasi atau laporan tentang perpecahan atau konflik misal kesukuan atau ras. Hal ini berbeda di daerah lain yang ada mengalami konflik yang melibatkan kesukuan tersebut.

"Inilah yang menjadi bahan kajian Wantimpres untuk memberikan masukan bagi presiden dalam mencarikan solusi konflik tersebut," katanya.

Dia menyebutkan selain di Sumbar pihaknya juga akan berkunjung ke Sulawesi Selatan dan daerah lain.

Dalam kunjungan terkait konflik sosial pihaknya menggunakan sistem sampel daerah sebagai representasi.

"Seperti di Sumbar, hanya beberapa kabupaten dan kota yang akan dikunjungi," ujarnya.

Senada dengan Yusuf, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga mengatakan bahwa konflik sosial di Sumbar jarang terjadi.

Meskipun demikian dia tidak menampik adakalanya persoalan lahan dalam hal ekonomi menjadi faktor munculnya konflik.

Akan tetapi dengan adanya adat dan budaya yang melekat pada masyarakat Sumbar, konflik sosial tingkat tinggi dapat dihindari. Sebab saat berkonflik semua elemen bersatu bermusyawarah menyelesaikan persoalan tersebut.

Seperti yang terjadi di Sijunjung dan Dharmasraya saat ini telah dilakukan mediasi antara pemerintah, alim ulama, niniak mamak dan keamanan untuk penyelesaian konflik di perbatasan tersebut.

"Hal ini juga yang menjadikan Sumbar tidak pernah terjadi konflik terkait agama, atau kesukuan lainnya," ujarnya. (*)