Arus Mudik di Pasaman Barat Meningkat

id Mudik

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Arus mudik menuju Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), tiga hari sebelum Idul Fitri 1437 Hijriah sedikit meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

"Perantau mulai berdatangan menuju Pasaman Barat. Terjadi peningkatan dari sebelumnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat, Bobby P Riza melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Operasional, Irwan Effendi di Simpang Empat, Minggu.

Ia menambahkan, pemudik yang mulai berdatangan ada yang menggunakan sepeda motor dan ada yang menggunakan kendaraan roda empat.

"Kemungkinan arus mudik baru ramai pada H-2 lebar. Kami bersama jajaran lalu-lintas dan instansi lainnya akan terus mengatur dan memantau arus mudik lebaran ini," sebutnya.

Menurutnya, jalan lintas Pasaman Barat dibandingkan jalur lintas Padang-Bukittinggi atau kota lainnya sebenarnya setiap tahun tidak terlalu ramai pemudik.

Ia menerangkan pada umumnya para pemudik pulang kampung menggunakan sepeda motor. Menempuh jalur Manggopoh-Simpang Empat.

"Kami akan terus pantau arus mudik ini. Kepada pemudik diimbau agar tetap hati-hati dan memakai kelengkapan berkendaraan," ujarnya.

Ia menjelaskan, tim gabungan pengamanan lebaran menyediakan tiga titik posko keamanan di wilayah tersebut untuk pengamanan perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Di posko pengamanan (pospam) itu nantinya juga bergabung dengan unsur polisi lalu-lintas, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres dan Dinas Pekerjaan Umum.

"Pospam itu bertujuan untuk memantau semua kegiatan perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah. Selain itu untuk memantau arus mudik, balik, kemacetan dan mencegah kejahatan selama lebaran," lanjutnya.

Pospam itu telah dimulai sejak H-7 hingga H+7 lebaran.

Selain itu, pihaknya pihaknya juga akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap sejumlah lokasi yang diperkirakan akan menjadi titik pemberangkatan pemudik (terminal).