Bupati: Tingkatkan Mutu Pendididikan Hadapi Persaingan Global

id Hardiknas, Peningkatan, Pendidikan

Sarilamak, (AntaraSumbar) - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas manusia dan pendidikan sebagai salah satu upaya menghadapi persaingan global.

"Presiden menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dalam berbagai persaingan dan kompetisi sumber daya manusia," kata dia di Sarilamak, Senin.

Ia menambahkan hal itu, saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Gelanggang Olahraga (Gor) Singa Harau, dimana bupati didaulat menjadi pembina dalam upacara tersebut sekaligus menyampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Menurutnya, mutu dan jenjang pendidikan sangat berpengaruh besar terhadap ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Oleh sebab itu, pemerintah harus memastikan setiap manusia mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Apalagi, di zaman teknologi yang cukup canggih sekarang ini akan menjadi lompatan perubahan yang mempengaruhi cara belajar siswa.

Oleh karena itu, ujar dia, pemerintah terus memberi dukungan penuh kepada seluruh anak didik dan masyarakat guna menjawab semua tantangan secara nasional dan global.

Irfendi menyebutkan, ada tiga komponen pendidikan yang musti diperbaiki, yakni kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

"Adapun karakter, terdiri dari dua bagian, yakni karakter moral dan karakter kinerja. Sementara yang terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah kompetensi yang harus menjadi tanggungjawab bersama," tambah dia.

Salah seorang warga Limapuluh Kota, Usman berharap pemerintah dapat memberikan perhatian lebih terhadap dunia pendidikan sebab masih ada anak-aak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak.

"Masih ada anak-anak yang belum mengecap pendidikan. Untuk itu, mereka perlu mendapatkan perhatian," ujar dia. (*)