Peserta UN Bukittinggi 9.347 Siswa

id Peserta UN, Bukittingi

Bukittinggi, (AntaraSumbar) - Peserta Ujian Nasional (UN) 2016 di Kota Bukittinggi berjumlah 9.347 siswa dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Asrizal di Bukittinggi, Kamis, merinci sebanyak 2.663 berasal dari tingkat SD, 2.168 dari tingkat SMP dan 674 siswa MTsN.

Lalu, siswa SMA dan MA berjumlah 2.167 orang, 1.527 siswa SMK, paket B sebanyak 76 orang dan paket C diikuti oleh 77 orang.

"Untuk persiapan pelaksanaan ujian, kami sudah menginformasikan pada pihak sekolah sejak awal bahwa materi ujian berasal dari gabungan dua kurikulum 2006 dan 2013 karena ada pemakaian dua kurikulum tersebut," katanya.

Pihak sekolah, katanya menambahkan, telah memetakan dari kedua kurikulum tersebut dan membuat pembahasan.

Selain itu, sebagai persiapan, setiap sekolah juga melakukan bedah standar kompetensi lulusan (SKL) dan melaksanakan uji coba di tingkat SMP dan SMA.

"Uji coba tingkat SMP dilaksanakan sebanyak empat kali di tingkat kota dan satu kali tingkat propinsi. Sementara untuk SMA, uji coba dilaksanakan empat kali di tingkat kota saja," ujarnya.

Ia mengimbau pada pihak sekolah agar mempersiapkan dengan baik setiap materi sehingga siswa dapat menguasai semua standar kompetensi yang diujikan dan mengurangi aktivitas yang dapat mengganggu persiapan UN 2016.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota setempat, Abdul Gafar mengimbau agar setiap sekolah memfokuskan pelaksanaan kegiatan belajar untuk penguasaan kompetensi yang diujikan dalam UN 2016.

"Selain itu, para siswa juga dapat memanfaatkan dengan baik uji coba yang dilaksanakan sebagai gambaran untuk lebih memahami kompetensi-kompetensi yang diujikan nanti," katanya. (cpw)