KAI Sumbar: Banyak Perlintasan Liar di Rel

id perlintasan, liar, rel

Padang, (AntaraSumbar) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Regional II Sumatera Barat (Sumbar) menyampaikan perlintasan liar yang dibuat warga di rel kereta api Kota Padang masih banyak.

"Masih banyak yang membuat jalur perlintasan tanpa izin, bahkan ada yang sudah dibeton. Ada juga masyarakat yang membuka perlintasan di halaman rumah masing-masing," kata Asisten Humasda PT KAI Regional II Sumbar Zainir di Padang, Senin.

Menurut dia perlintasan liar yang ada dapat mengganggu kereta api yang lewat dan juga dapat membahayakan keselamatan warga.

Ia mengatakan, pihaknya selama ini sudah dilakukan upaya persuasif berupa pemberitahuan kepada masyarkat untuk tidak membuat jalur perlintasan liar di rel kereta api.

"Kami sudah melakukan berbagai tindakan, seperti pembuatan plang imbauan juga melalui media-media," katanya.

Selain itu, PT KAI juga telah melakukan penertiban dengan membuat pagar pembatas jalur rel, tapi banyak yang dicabut oleh warga untuk membuat perlintasan liar.

"Ini berisiko tinggi terhadap keselamatan masayarakat nantinya," katanya.

Untuk itu, Zainir mengimbau kepada warga untuk tidak lagi membuka jalur perlintasan liar di rel kereta api dan berharap pemerintah setempat juga turut membantu dalam menertibkan jalur liar perlintasan kereta api. (cpw18)