Polres Sawahlunto Hadirkan Ustadz Kondang Sambut Ramadhan

id Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menghadirkan ustadz kondang dari ibukota Jakarta, Wijayanto, sebagai penceramah dal

Sawahlunto, 12/6(Antara) - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menghadirkan ustadz kondang dari ibukota Jakarta, Wijayanto, sebagai penceramah dalam kegiatan tabligh akbar yang dipusatkan di kawasan Lapangan Segitiga Sawahlunto, Sabtu (13/6).

Kapolres Sawahlunto, AKBP Djoko Ananto, Jumat (12/6) malam, mengatakan kegiatan tabligh akbar tersebut masih merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-69 serta menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 Hijriyah.

"Dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kota Sawahlunto sebagai pelaksana teknis kegiatan itu nantinya," kata dia di Sawahlunto.

Dijadwalkan, lkegiatan tersebut sudah dimulai pada pukul 09.00 WIB waktu setempat dan akan diikuti oleh seluruh perwakilan BMT beserta seluruh lapisan masyarakat di kota itu.

Dia mengatakan, sebagai lembaga negara yang bertugas untuk melindungi dan mengayomi masyarakat, pihaknya berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan, tanpa mengabaikan tugas pokok sebagai institusi negara dalam penegakan hukum.

"Kegiatan ini tidak lepas dari fungsi pembinaan mental spiritual keagamaan dalam meningkatkan iman dan taqwa kita semua," kata dia.

Dengan begitu, jelasnya, rasa persaudaraan dan persatuan dalam berbangsa akan terbina baik serta mampu menumbuhkan kesadaran yang tinggi tentang pentingnya menjaga perilaku di tengah masyarakat.

Menurutnya, hal itu merupakan modal utama dalam menjaga tegaknya supremasi hukum yang adil, berkeadilan dan memenuhi rasa keadilan publik.

Pihaknya mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menghadiri kegiatan tersebut beramai-ramai.

"Mari kita bersatu padu dengan penuh rasa persaudaraan sebagai sesama umat beragama dalam menyukseskan kegiatan ini, sehingga masuknya paham radikal yang dapat membahayakan keutuhan bangsa ini bisa diantisipasi sejak dini secara bersama," kata dia.

Sebelumnya, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solok, menggelar kegiatan donor darah yang dipusatkan di aula Rupatama Markas Polres (Mapolres) setempat, Kamis (11/6).

Kapolres Kota Sawahlunto, AKBP Djoko Ananto, mengatakan sesuai arahan Kapolda Sumbar, Brigjen Polisi Bambang Sri Herwanto, jajaran Polres diminta untuk terus menggiatkan anggota kepolisian dalam kegiatan sosial serta kemanusiaan, sebagai upaya jajarannya dalam membumikan keberadaan institusi negara itu tak hanya sebagai aparat penegak hukum, tapi mampu menjadi mitra masyarakat sekaligus penggerak terwujudnya tatanan sosial kemasyarakatan yang bertoleransi dan berkeadilan sosial.[]cpw7