Peserta HPS Dapat Nikmati Alam Sumbar

id Peserta HPS Dapat Nikmati Alam Sumbar

Peserta HPS Dapat Nikmati Alam Sumbar

Padang, Peserta Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 dapat menikmati keindahan alam dan obyek wisata yang dimiliki, khusus Kota Padang dan umumnya Sumatera Barat.

Pantai Purus

Setiap sore, Pantai Purus, Padang, Sumatera Barat, selalu ramai. Sambil menunggu indahnya matahari tenggelam (sunset) di Samudera Hindia, bisa bermain ombak yang tumpah di bibir pantai. Pantai Purus (dalam bahasa Padang dikatakan Purui ), dulu, merupakan pantai nelayan. Pantainya cukup luas dan landai, sehingga nelayan mudah menambatkan perahunya di depan pondokpondok mereka. Supaya pantai lebih indah, Pantai Purus pun dibenahi. Sejak tahun 2009, Pantai Purus pun ditata menjadi pantai yang cantik dan menarik. Tempat parkir diperluas. Tempat pedagang makanan dan minuman ditata. Sepanjang pantai dipenuhi kursi dan payung-payung tenda untuk melepas lelah. Pucuk dicinta ulam tiba. Sejak dibenahi, Pantai Purus pun menjadi tempat favorit wisata pantai di kota Padang.

Air Terjun Lubuk Tempurung

Gunung Nago Kuranji, aliran air pada Lubuk Tempurung berasal dari air Gunung Nago. Pada kawasan aliran air di pegunungan terdapat lubuk yang berbentuk tempurung. Pada lubuk tersebut hanya bisa memuat 2 sampai 3 orang di dalamnya. Aliran air tersebut jauh membentuk air terjun. Betapa tidak di sisi kirikanan sungai terdapat batu-batuan seperti di ukir. Selain itu juga banyak lubuk2 yang bisa untuk bermain anak-anak. Airnyapun sangat jernih, memang untuk mencapainya agak sulit. Kalau menggunakan motor harus berjalan sekitar 10 menit. Tapi kalau menggunakan mobil mungkin harus berjalan sekitar 30 menit.

Klenteng Kwan IM - Pondok Padang

Di pusat Kota Padang terdapat sebuah tempat peribadatan masyarakat China yang dibangun pada tahun 1861 dan kemudian di renovasi oleh Mayor Lee Say setelah terjadi kebakaran tahun 1897. Hingga sekarang tempat ini menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan karena arsitektur dan ornamennya.

Panorama Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik ini berada di kaki / lereng Gunung Talang. Gunung Talang sendiri adalah gunung yang berada paling dekat dengan Kota Padang dengan ketinggian 2690 meter. View yang disajikan adalah view pegunungan, hamparan kota padang dan suguhan samudara hindia, apalagi disambil nyurumput teh hangat, atau secangkir kopi membuat kita berlama-lama disini, coba datang dan rasakan sendirikeindahannya.

Pantai Caroline

Merupakan obyek wisata pantai yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya. Cuaca cerah membuat suasana pantai makin menggoda untuk dicumbui. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang berkunjung siang itu ke Pantai Carolinearah selatan Kota Padang. Pecahan ombak yang menyisir hingga tepian menyisakan buih-buih putih dan menyapu pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Pantai nan landai dan rindangnya pepohonan menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Keinginan untuk segera mencumbui airnya dan berlari di pasirnya nan halus kian tak tertahankan. Kawasan Caroline terbilang masih menyimpan potensi laut yang lebih baik ketimbang kawasan lain di sepanjang Pantai Padang.

Pantai Nirwana

Pantai yang dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur ini bisa menjadi alternatif untuk refreshing di sekitar Kota Padang. Letaknya hanya sekitar 14 Km ke arah Selatan dari pusat Kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan. Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih, disarankan untuk pergi ke pantai pada sore hari. Sebab, lokasi ini juga sangat strategis sebagai tempat untuk menyaksikan matahari tenggelam (sunset). Menjelang malam, pemandangan menjadi eksotis karena dari kejauhan sorot lampu Pelabuhan Teluk Bayur terlihat terang. Ditambah lagi, terangnya puluhan bagan (perahu nelayan yang menggunakan banyak lampu) guna menarik perhatian ikan.

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasia Jambak terletak 20 Km dari pusat kota arah ke utara melalui jalan raya Padang-Bukittinggi, pada Km ke 14 berbelok ke kiri menuju ke pantai Pasir Jambak. Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa. Tersedia fasilitas wisata berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu. Sangat cocok untuk berjemur, berenang, berperahu, bersantai, atau menyaksikan matahari terbenam. Dapat dicapai dengan angkutan kota, bis kota atau taxi.

Pantau Air Manis

Pantai Air Manis memiliki pasir yang berwarna coklat keputih-putihan yang terhampar luas dan landai di sepanjang bibir pantai. Oleh karenanya, pantai ini sangat cocok untuk tempat piknik, bermain ombak, surfing dan camping. Di Pantai Air Manis, juga terdapat prasasti si anak durhaka Malin Kundang. Prasasti tersebut berupa batu dari puing-puing bekas kapal dan jasad si Malin Kundang. Ketika ombak menghempas batu tersebut, terdengar suara gemercik air yang membahana seperti suara ratapan dan tangisan. Para wisatawan juga bisa menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang yang melegenda tersebut. Tidak jauh dari bibir pantai, nampak sebuah pulau yang berdiri dengan anggunnya sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau ini dikenal dengan Pulau Pisang Kecil. Pulau ini terlihat seperti dua buah pulau yang terpisah walaupun sebenarnya tergabung menjadi satu. Jika berkunjung ke Pulau Pisang Kecil itu, wisatawan akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Meski tidak jinak, monyet tersebut tidak mengganggu para wisatawan. Untuk menuju ke pantai Air Manis, para wisatawan dapat menggunakan angkutan darat. Dari Bandara Ketaping menuju lokasi, banyak kendaraaan yang melayani rute tersebut. Para wisatawan bisa memanfaatkan angkutan umum khusus bandara, maupun angkutan umum yang melayani rute tersebut dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jembatan Siri Nurbaya

Belum ke Padang bila belum singgah ke Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan sepanjang 60 meter ini menghubungkan kota tua Madang dengan Taman Siti Nurbaya (tempat Siti Nurbaya dimakamkan). Membentang gagah di Muara Batang Arau. Jembatan ini nampak cantik bila senja menjelang. Pijar mercuri, sepoi angin pantai, dan lampu-lampu kapal yang mulai dinyalakan menambah romantis suasana. Tak heran bila anak-anak muda memadati jembatan ini, untuk memadu kasih atau sekedar menikmati roti , pisang, dan jagung bakar yang dijual di sisi kanan dan kiri jembatan.

Pantai Padang

Pantai Padang mudah di akses hanya berada beberapa meter dibelahan barat Kota Padang tepatnya disepanjang jalan Samudera. Disini para pengunjung dapat bersantai menikmati keindahan laut, matahari terbenam, kenyamanan udara laut atau berolahrga. Disepanjang pantai tersedia fasilitas hotel, restoran, bangku-bangku, payung-payung tatap pantai, toilet umum dan mushala serta warung warung makanan menjual masakan padang, penganan khas rujak, jagung bakar dll. Di pantai ini sering diselenggarakan acara seni budaya dan keramaian lainnya.

Gunung Meru

Gunung Meru merupakan sebuah daerah perbukitan yang terletak dipinggir Pelabuhan Teluk Bayur arah selatan Kota Padang. Jalan raya menuju Kabupaten Pesisir Selatan, dimana Gunung Meru terkenal dengan pemandangan eksotic nya ketika Matahari terbenam. Yang selanjutnya diringi dengan lampu-lampu kapal yang berlabuh di Teluk Bayur.

Beberapa tempat wisata di luar Padang

Kota Bukittinggi merupakan Kota yang banyak menyimpan sejarah-sejarah perjuangan Indonesia, salah satunya pernah menjadi Ibu Kota Darurat Negara Indonesia pada masa perjuangan mencapai kemerdekaan. Di Kota Bukittinggi inilah lahiranya salah satu sang proklamator Republik Indonesia yaitu Muhammad Hatta yang di kenal dengan Bung Hatta. Di Kota Bukittinggi banyak terdapat daerah-daerah wisata yang bisa dikunjungi. Selain wisata alamnya terdapat juga Wisata Kuliner yang terkenal dengan sebutan Los Lambuang yang akan memanjakan selera para pengunjung nya dan pusat perbelanjaan hasil kerajinan tangan anak negeri seperti songket, bordiran terawang dan lain sebagainya.

Wisata Alam di Bukittinggi, Ngarai Sianok terletak di kota Bukittinggi bisa dijangkau dengan 2,5 jam perjalanan, merupakan daerah belahan semangka Pulau Sumatera, ngarai sianok memiliki panorama yang indah. Jam Gadang dan Istana Bung Hatta terletak di Pusat Kota Bukittinggi, Lobang Jepang.

Kabupaten Agam, Danau Maninjau, Puncak Lawang, Kelok 44, Rumah kediaman Buya HAMKA. Kabupaten Lima Puluh Kota terdapat Ngalau, Lembah, Harau. Kabupaten Tanah Datar, Istana Pagaruyung, Tabek Patah, Batu Batikam, Batu Basurek. Kabupaten Solok terdapat Danau Singkarak, Danau Kembar (Danau diateh danau dibawah). Kabupaten Pasaman terdapat Aia angek Rimbo Panti. Kabupaten Pesisir Selatan ada Jembatan aka (Jembatan dari akar beringin), Pantai carocok, Wisata Mandeh.