Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang berkolaborasi dengan Pengurus Cabang (Pengcab) Esports Indonesia (ESI) Padang menggelar kompetisi "Piala Wali Kota Esports Series Padang" untuk siswa SMA sederajat 26-27 Oktober 2024.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar di Padang, Sabtu mengatakan kompetisi tersebut merupakan kompetisi resmi yang pertama digelar oleh pemerintah daerah untuk cabang Esports.

"Kita berharap kompetisi ini akan membantu generasi muda mengasah kreativitas dan ketangkasan, minat bakat, serta berdaya saing secara individu maupun kelompok. Dan juga terhindar dari perilaku negatif,” katanya.

Menurut Andree, pembangunan prestasi olahraga di bidang Esports harus dilakukan secara berjenjang. Mulai dari pencarian talenta, dilanjutkan dengan pengembangan teknik yang sesuai dengan standar profesional.

"Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut kemaren, cabang olahraga Esports sukses menyumbangkan medali emas untuk Provinsi Sumatera Barat. Ini sebuah kebanggaan, semoga kompetisi ini akan melahirkan bibit atlet Esports Kota Padang selanjutnya," katanya.

Andree menyebut olahraga Esports ke depan akan menjadi bagian penting dari peningkatan prestasi siswa di Kota Padang. Pemkot Padang siap mendukung, karena Esports terbukti memberikan dampak positif bagi generasi muda.

"Kita akan mendorong Esports menjadi ekstrakulikuler bagi setiap sekolah di Kota Padang. Semakin banyaknya kegiatan positif diberikan kepada generasi muda, maka energi positif mereka dapat tersalurkan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Pengcab ESI Padang Rozi Rabbani menyebutkan, kompetisi Piala Wali Kota Esports Series Padang digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024.

“Kompetisi ini mempertandingkan dua game yakni PUBG Mobile diikuti 10 tim, dan Mobile Legend Bang Bang sebanyak 26 tim. Pemenang dari lomba ini, baik juara satu, dua dan tiga akan menerima medali, uang pembinaan dan voucher belanja yang diserahkan pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kota Padang," sebutnya.*

Pewarta : Miko Elfisha
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024