Lubukbasung (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencetak sebanyak 492.555 lembar surat suara untuk kebutuhan pelaksanaan Pilkada serentak pada 2024 dan saat ini surat suara sedang perjalanan.
 
"492.555 lembar surat suara itu dari total Daftar Pemilihan Tetap (DPT) sebanyak 392.405 orang ditambah 2,5 persen," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Jumat. 
 
Ia mengatakan surat suara itu dicetak di perusahaan percetakan PT Gramedia Cikarang, Jawa Barat. 
 
Saat ini, tambahnya, surat suara tersebut sudah selesai dicetak dan sedang dalam pengiriman dari Cikarang menuju Lubuk Basung, Kabupaten Agam. 
 
"Pengiriman melalui darat dan diperkirakan sampai ke Lubuk Basung pada Minggu (27/10)," katanya. 
 
Ia menambahkan surat suara itu bakal dilakukan sortir oleh sekretariat KPU Agam sesampai di gudang KPU Agam. 
 
Setelah itu, sortir dan lipat surat suara rencananya dilakukan di GOR Rang Agam pada 29-31 Oktober 2024.
 
Dari hasil sortir tersebut, KPU Agam bisa membuat laporan terkait berapa surat suara yang diterima dan mengalami rusak. 
 
"Apabila kurang dari kebutuhan, maka ditambah sesuai kebutuhan surat suara. Logistik Pilkada rencananya bakal dipacking 19-20 November 2024," katanya. 
 
Pilkada serentak 2024 diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. Nomor urut satu diterima oleh pasangan atas nama Guspardi Gaus-Yogi Yolanda diusul Partai Hanura, PKB, PDI P, Buruh dan Ummat. Pasangan nomor urut dua atas nama Benni Warlis-Muhammad Iqbal diusul PKS dan PPP.
 
Sedangkan nomor urut tiga atas nama Andri Warman-Martias Wanto diusul PAN, Golkar, Gerinda dan PBB. Pasangan nomor urut empat atas nama Irwan Fikri-Asra Faber diusul Partai NasDem dan Demokrat.
 
"Mari datang ke tempat pemungutan suara untuk memberikan hak pilih," katanya.
 

Pewarta : Yusrizal
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024