Padang (ANTARA) -
Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat memprioritaskan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), dengan menjalin kerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).
 
 “Agar UNP bisa terus bergerak lima tahun ke depan, diperlukan prioritas seperti meningkatkan kualitas SDM para dosen, dengan mengundang UKM sehingga dapat terbangun kolaborasi dengan mitra perguruan tinggi dari luar negeri,” kata Rektor UNP Krismadinata, di Padang, Jumat
 
Dalam acara Dies Natalis UNP ke-70 yang digelar di auditorium UNP Air Tawar, Kota Padang, Krismadinata mengungkapkan selama ini masyarakat hanya melihat tamu yang datang ke UNP dari tingkat nasional. 
 
Ia menambahkan walau sebelumnya UNP sudah pernah mengundang tamu dari luar negeri, namun tamu yang datang baru sebatas peneliti.
 
“Pada momen dies natalis ke-70 ini kami mengundang orang-orang dari tatanan birokrasi dan administrasi, tidak hanya dari UKM di Malaysia, namun juga dari Thailand dan Perancis juga akan kami undang datang ke UNP, sehingga UNP bisa jadi warga akademik dunia,” katanya.
 
Ia menambahkan kerja sama yang akan dijalin seperti tentang riset dari dosen UNP yang mengambil pendidikan di luar negeri, dan juga membagikan kekhasan yang dimiliki oleh UNP, yang dapat dijadikan referensi dan peneilitian dari akademisi luar negeri.
 
“Meskipun UNP menjalin kerja sama dengan universitas luar negeri, tapi itu tidak berarti UNP melupakan mitra UNP yang ada di dalam negeri. Kerja sama dengan kampus luar negeri bertujuan untuk memperluas jaringan,” jelasnya.
 
Dengan menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri, UNP ingin menaikan level dosen UNP yang memiliki kualitas bagus, dapat setara dengan akademisi luar negeri.
 
Sementara itu Vice Chancellor UKM, Mohd Ekhwan Hj. Toriman dalam pemaparannya, membahas landasan dalam meningkatkan prestasi pendidikan tinggi di negaranya.
 
Adapun landasan yang disampaikannya seperti pembentukan otak dan watak, keberhasilan mahasiswa, dan menjadikan pendidikan tinggi tidak hanya untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa, tapi juga mampu meningkatkan tahap sosioekonomi keluarga.
 
Pada kegiatan dies natalis ke-70 tersebut, UNP juga menerima bantuan beasiswa dari Bank Nagari, sebesar Rp 499.200.000.

Pewarta : Melani Friati
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024