Padang (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat memberikan pemasangan listrik secara gratis bagi warga kurang mampu.

Pemasangan yang dipimpin General Manager PT PLN UID Sumbar Ajrun Karim tersebut dilakukan di rumah warga di Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Rabu.

Pelaksanaan program yang mengangkat tema "Light Up The Dream" atau listrik untuk menyalakan mimpi itu disaksikan perwakilan Pemkot Padang, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumbar, serta unsur TNI dan Polri.

General Manager PT PLN UID Sumbar Ajrun Karim mengatakan, program yang juga dilaksanakan secara nasional itu terealisasi berkat kepedulian pegawai PLN yang menyumbangkan gajinya untuk membantu sesama.

Dalam beberapa tahun terakhir, pegawai PLN yang beragama Islam menyisihkan 2,5 persen gajinya yang dikumpulkan untuk melaksanakan program bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui program tersebut, diharapkan PLN sebagai operator tenaga listrik pemerintah dapat memaksimalkan perannya sehingga ketenagalistrikan dapat dinikmati seluruh rakyat, termasuk di Sumbar.

Selain pemasangan jaringan secara gratis, PLN Sumbar juga memberikan bantuan pembayaran token listrik selama tiga bulan.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) yang ikut melakukan supervisi di lapangan dalam menentukan warga yang layak mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkot Padang Fauzan Ibnovi menyampaikan apresiasinya atas kepedulian pegawai PLN sehingga mampu mewujudkan program Light Up The Dream tersebut.

Pihaknya berharap program itu dapat terus dilanjutkan karena lisrik merupakan salah satu kebutuhan utama warga dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan adanya listrik, anak-anak sebagai generasi penerus dapat menambah pengetahuan. Dengan begitu, kita dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya.

Ia juga mengungkapkan apresiasi atas kepedulian PLN Sumbar dalam meningkatkan elektrifikasi di provinsi itu.

Pihaknya mendapatkan informasi jika PLN telah melakukan 2.789 pemasangan baru di. "Hari ini saja ada 236 pemasangan baru, berarti Sumbar cukup diprioritaskan," katanya.

Ahmad Affandi, salah satu warga yang menerima pemasangan listrik gratis mengungkapkan rasa terima kasihnya sehingga dapat menikmati listrik.

"Selama ini, kami terpaksa harus menggunakan aliran listrik dari rumah nenek yang berjarak tiga rumah dari rumah kami," katanya.
 

Pewarta : Irwan
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024