Solok (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Solok, Sumatera Barat dibantu oleh 10 orang pilar sosial menyerahkan bantuan nutrisi pangan kepada 50 orang penyandang disabilitas se-Kota Solok di aula kantor dinas sosial setempat.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Solok Herman di Solok, Sabtu mengatakan paket tersebut merupakan bantuan dari sentra terpadu Inten Soeweno Kemensos RI.

Ia mengatakan bahwa bantuan nutrisi pangan tersebut berisi bahan pangan yang diharapkan dapat memberikan nutrisi bagi penyandang disabilitas." Adapun isinya cukup lengkap senilai lebih dari Rp600 ribuan per orang,” ujar dia.

Sebelum bantuan dari Kemensos tersebut turun, pihaknya terlebih dahulu melakukan assessment atau penilaian lapangan karena jumlah bantuan yang terbatas sementara penyandang disabilitas di Kota Solok lebih dari 50 orang.

“Pada dasarnya data penyandang disabilitas itu berasal dari data Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)," ucapnya.

Asesmen itu untuk menyeleksi lagi penyandang disabilitas yang ada. Selain itu, Dinas Sosial Kota Solok juga mengunjungi rumah Mereka dan dilakukan wawancara.

Selain bantuan dari pusat, dari APBD Kota Solok juga ada alokasi bantuan seperti ini tapi jumlahnya terbatas karena jumlah disabilitas di Kota Solok juga banyak.

"Kami berharap agar ada tambahan anggaran Dinas Sosial untuk  penyandang disabilitas di Kota Solok,” katanya.

 


Pewarta : Rahmatul Laila
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024