Simpang Empat (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus meningkatkan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran generasi Z (Gen Z) melalui akun media sosial oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait informasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Setiap PPK di 11 kecamatan telah memiliki media sosial, baik di Instagram maupun Facebook. Semua kegiatan diunggah disana," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pasaman Barat Hafizul Pahmi di Simpang Empat, Kamis. 
 
Ia mengatakan pembuatan akun media sosial ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi kerja PPK di masyarakat.
 
"Selain itu juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat atau generasi Z terkait informasi Pilkada 2024," katanya. 
 
Ia menambahkan, dengan adanya media sosial, aktivitas PPK akan lebih terlihat oleh publik, terutama oleh generasi Z yang aktif menggunakan platform-platform tersebut.
 
Selain itu juga memperlihatkan aktivitas PPK di setiap kecamatan apa saja. Anggota PPK yang mungkin lebih muda juga bisa ikut membuat konten menarik di akun media sosial. 
 
Ia mencontohkan akun Instagram PPK Kecamatan Talamau (@ppktalamau) secara rutin mengunggah seluruh kegiatan mereka di Instagram, sehingga masyarakat dapat mengetahui aktivitas mereka dengan jelas.
 
"Di 11 PPK yang ada di Pasaman Barat telah memiliki akun media sosial masing-masing," katanya. 
 
Kemudian juga sebagai upaya untuk memperkuat sinergi antara KPU, PPK, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada. 
 
"Media sosial akan memudahkan penyebaran informasi terbaru karena pada umumnya generasi muda mempunyai akun media sosial," katanya. 
 
Pilkada Pasaman Barat diikuti oleh empat pasangan calon yakni nomor urut 1 Yulianto-M Ihpan, nomor urut 2 Daliyus K-Heri Miheldi, nomor urut 3 Hamsuardi-Kusnadi dan nomor urut 4 Jailani-Syamsul Bahri. ***2***
 
 
 

Pewarta : Altas Maulana
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024