Padang (ANTARA) -
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Barat (Sumbar) telah mendampingi lomba kelompok keluarga sadar hukum tingkat Kota Padang 2024.
 
"Lomba kelompok keluarga sadar hukum ini digelar berkqt kerjasama antara Kemenkumham Sumbar dengan Pemerintah Kota Padang," kata Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sumbar Ruliana Pendah Harsiwi di Padang, Rabu.
 
Ia mengatakan lomba yang digelar selama satu hari penuh itu diikuti oleh kelompok yang mewakili 11 kecamatan yang ada di Padang, dengan mekanisme satu kecamatan satu kelompok berisi lima orang.
 
Bentuk perlombaan berupa tanya-jawab, tes tertulis, hingga sistem rebutan yang semuanya berisi materi hukum yang dibuat oleh tim Penyuluh Hukum dari Kanwil Kemenkumham Sumbar.
 
Ruliana mengatakan ada enam materi peraturan perundang-undangan yang dilombakan, yaitu Undang-undang Narkoba, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Perlindungan Anak.
 
Kemudian Undang-undang Informasi Teknologi dan Elektronik, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dan terorisme.
 
Ia mengatakan dari perlombaan tersebut langsung dinyatakan satu pemenang yakni kelompom dari Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki).
 
"Selanjutnya juara di tingkat Padang ini akan kembali dilombakan dengan juara dari kabupaten atau kota lain pada tingkat provinsi," jelasnya.
 
Lebih lanjut Ruliana menjelaskan bahwa lomba kelompok keluarga sadar hukum adalah bagian dari upaya menumbuhkan budaya sadar hukum di tengah masyarakat.
 
"Menumbuhkan budaya sadar hukum tidak hanya dilakukan lewat sosialisasi, tapi juga dari perlombaan ini yang kita mulai dari lingkup sosial terkecil yakni keluarga," jelasnya.
 
Tumbuh dan berkembangnya budaya sadar hukum di tengah masyarakat diharapkan bisa menciptakan kepatuhan hukum, serta menjaga keamanan, ketertiban, serta ketentraman di lingkungan sosial.
 
Kemenkumham Sumbar juga mendorong kabupaten atau kota lainnya untuk menggelar lomba yang sama, dan Kanwil Kemenkumham Sumbar akan memberikan dukungan secara penuh.
 
Pada bagian lain, acara lomba di tingkat Padang itu dibuka langsung oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Padang Edi Hasymi yang mewakili Penjabat (Pj) wali kota setempat.

Pewarta : Fathul Abdi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024