Padang (ANTARA) -
Calon Gubernur Sumbar Nomor Urut 1 Mahyeldi melakukan temu ramah dengan masyarakat Akabiluru setelah sarapan di Warung Lontong Ibet, Rabu (9/10/2024). 
 
Kali ini, Mahyeldi didampingi oleh sang istri Harneli Bahar, serta pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Safni Sikumbang dan Ahlul Badrito.
 
Usai menyantap hidangan lontong, Mahyeldi, yang akrab disapa Buya langsung melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi Pasar Pakan Rabaa atau dikenal sebagai Pasar Batuhampar. 
 
Di sepanjang perjalanan menuju pasar, Mahyeldi disambut hangat oleh warga yang antusias menyapanya dan mengajak bersalaman.
 
"Dua periode, Pak," seru seorang warga yang bersalaman dengan Mahyeldi, menyiratkan dukungan mereka untuknya.
 
Sesampainya di pasar, suasana semakin meriah ketika para pedagang bersorak, mengajak Buya untuk singgah di kedai mereka. 
 
"Buya, singgah ke kedai kami, makan sate di tempat kami dulu," ujar seorang pedagang.
 
Kembali Borong Dagangan Pedagang
 
Tak hanya sekadar menyapa, Mahyeldi juga menunjukkan kepeduliannya dengan memborong dagangan para pedagang pasar.
 
Salah seorang pedagang kopi bernama Santi merasa sangat terbantu dengan kehadiran Mahyeldi yang membeli dagangannya. 
 
"Terima kasih, Buya. Sekarang jual beli sedang susah, dan Alhamdulillah Buya sudah mau berbelanja di tempat kami," ungkap Santi penuh syukur.
 
Selain kopi, Mahyeldi juga memborong cabai merah dari tiga lapak serta dagangan jengkol di pasar tersebut. 
 
Di sela-sela kunjungan tersebut, Mahyeldi juga menyampaikan program-programnya, termasuk inisiatif Simamak yang diharapkan bisa membantu para pedagang dalam mengembangkan usahanya. 
 
"Saya tadi bertemu dengan seorang pedagang yang masih kuliah, berjualan tempe dan tahu. Kegiatan positif seperti ini harus dikembangkan. Bagi UMKM yang tengah kesulitan modal, pemerintah sudah menjalankan program Simamak," ujar Mahyeldi.
 
Ajak UMKM Manfaatkan Program SIMAMAK
 
Dia menjelaskan, program Simamak yang bekerja sama dengan Bank Nagari memungkinkan para pelaku UMKM meminjam modal hingga Rp100 juta dengan bunga yang ringan.
 
Mahyeldi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program ini guna mengembangkan usaha mereka.
 
"Silakan kunjungi Bank Nagari terdekat untuk informasi lebih lanjut," imbuhnya.
 
Sebelum mengakhiri kunjungannya, Mahyeldi menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berinteraksi bersama warga Akabiluru, serta berharap dukungan dari masyarakat dalam Pilkada mendatang. 
 
"Saya adalah menantu Batuhampar, Akabiluru. Ingat di tanggal 27 November 2024 nanti, pilih jangguik (jenggot) warna putih," katanya sambil tersenyum, mengajak warga untuk memilih dengan simbol yang khas.
 
Kunjungan Mahyeldi ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi para pedagang di Pasar Batuhampar, sekaligus menjadi momen bagi warga untuk lebih mengenal program-program yang ditawarkan pemerintah daerah. *

Pewarta : Ril/Ant
Editor : Miko Elfisha
Copyright © ANTARA 2024