Padang Aro (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat menyerahkan bantuan peralatan sebanyak 1.412 barang bagi 614 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong peningkatan produksi dan pendapatan usaha.
 
Penjabat sementara Bupati Solok Selatan Adib Alfikri, di Padang Aro, Selasa, mengatakan ini merupakan program pemerintah untuk mendorong keberlangsungan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah guna meningkatkan ekonomi kerakyatan dan mendorong kesejahteraan masyarakat.
 
"Masyarakat akan bisa merasakan manfaat program ini dimana tujuannya peningkatan ekonomi kerakyatan dan daya saing daerah," katanya.
 
Dia berharap, agar bantuan ini betul-betul digunakan untuk mendorong peningkatan usaha, tidak dimanfaatkan untuk kepentingan lain, atau bahkan sampai dijual.
 
Bantuan yang diserahkan katanya, telah disesuaikan dengan kebutuhan seluruh UMKM melalui proposal rencana usaha yang disampaikan ke Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM. 
 
"Proposal yang masuk diseleksi secara selektif secara berjenjang setelah itu baru diberikan kepada penerima," ujarnya.
 
Pengadaan seluruh peralatan dilakukan melalui e-katalog local Solok Selatan sehingga dipastikan seluruh proses mulai dari pengadaan hingga penyerahan bantuan dilakukan di dalam daerah.
 
Ia minta Dinas terkait secara rutin melakukan koordinasi dan monitoring secara berkelanjutan untuk memastikan target yang ingin dicapai dengan bantuan ini bisa terwujud.
 
Dengan adanya monitoring maka pemanfaatan akan lebih baik serta bisa sebagai bahan evaluasi bagi Pemerintah untuk bantuan selanjutnya.
 
"Semoga Solok Selatan bisa lebih makmur, maju, dan masyarakat lebih sejahtera," katanya. 
 
 
 
 
 

Pewarta : Erik Ifansya A
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024