Padang (ANTARA) -  SMA Don Bosco Padang meraih juara pertama pada lomba paduan suara MARS Sumatera Barat tingkat SLTA dalam rangka Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2024 digelar UPTD Taman Budaya Sumbar.

Kepala UPTD Taman Budaya Sumbar Supriyadi mengatakan, lomba ini Mars ini penting untuk menyosialisasikan lagu itu kepada masyarakat khususnya generasi muda.

"Lomba paduan suara ini digelar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para pelajar khususnya potensi di bidang seni suara yang merupakan bagian dari kebudayaan," katanya di Padang, Jumat.

Mars Sumbar merupakan bagian dari identitas yang bersandar pada falsafah Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK).

Pencipta lagu Mars Sumbar sekalugus dewan juri lomba, B Andoeska mengatakan penampilan peserta lomba umumnya bagus, namun ada sedikit keunggulan sehingga bisa menjadi pemenang.

Pemenang pertama SMA Don Bosco meraih 425 poin dari dewan juri, disusul juara kedua SMAN 2 Payakumbuh dengan poin 400, dan juara ketiga diraih SMA Adabiah 2 Padang dengan skor 325.

Selain itu, dewan juri juga memilih juara favorit yakni SMA Kristen Kalam Kudus Padang.

"Jadi bagi peserta yang belum dapat jangan berkecil hati, harus latihan lagi. Kalau yang sudah dapat jangan sombong." tambahnya.

Menurut B Andoeska menyanyikan lagu Mars dan pop biasa tentu ada perbedaan ciri khas, sedangkan peserta banyak kurang memberikan ciri khas mars itu. 

Musik mars itu adalah identitas dari sebuah institusi dan organisasi, alangkah baiknya lagu mars itu dinyanyikan dengan tegas. (*)

Pewarta : Iggoy el Fitra
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024