Padang Panjang (ANTARA) -
Kampanye damai deklarasi pasangan calon walikota dan calon wakil walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, yang diinisiasi KPU Padang Panjang, untuk menyatukan komitmen bersama sekaligus memastikan proses pemilihan berlangsung tertib, aman dan sesuai prinsip-prinsip demokrasi.
 
Hal itu disampaikan Pj. Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra saat menghadiri kampanye damai dan deklarasi Calon Wako dan Calon Wawako di lapangan Khatib Sulaiman Bancah Laweh, Selasa (24/9).
 
"Periode kampanye yang dianggap paling rawan adalah bagian dari proses tersebut. Agenda besar demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta walikota dan wakil walikota, mesti kita kawal dan sukseskan bersama agar menghasilkan kepala daerah yang berkualitas," kata Sonny.
 
Menurut Sonny, salah satu tahapan dalam pemilu adalah kampanye pasangan calon dengan waktu yang diatur oleh perundang-undangan, bagi pasangan calon dalam menyampaikan visi misi dan program kerja kepada masyarakat untuk meraih simpati dan dukungan dari pemilih.
 
"Kita pahami intensitas politik akan semakin meningkat dimasa kampanye, untuk antisipasi ketidaknyamanan atau gesekan ditengah masyarakat maka perlu deklarasi janji dan komitmen bersama, berperan aktif menjaga suasana kondusif di Padang Panjang, sampai selesainya proses pemilihan," kata dia.
 
Sonny, mengajak untuk menjalankan kampanye dengan cara bermartabat tanpa menyebarkan fitnah, hoax atau ujaran kebencian. 
 
"Sampaikanlah visi misi dan program kerja yang jelas dan objektif. Kepada masyarakat mari bersama menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye ini, hindari konflik profokatif yang dapat memunculkan gesekan dan semua pihak patuhi undang-undang yang berlaku," kata Sonny.
 
Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dan saling menghormati perbedaan tersebut dan tidak menjadikannya sebagai alasan untuk bermusuhan atau berpecah.
 
"Kita adalah saudara yang memiliki satu tujuan yaitu Padang Panjang yang lebih baik dan bagi paslon serta tim sukses, kepentingan rakyat adalah diatas segala-galanya, pilkada bukan sekedar kompetisi tapi menunjukkan komitmen dalam melayani masyarakat," kata Sonny.
 
Pada kesempatan tersebut, Sonny, kembali mengingatkan ASN untuk selalu menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024.
 
"Jadilah ASN yang taat pada ketentuan yang berlaku, marilah kita jaga netralitas selama pilkada ini," tegas Sonny.
 
Sementara itu Kampanye damai dan deklarasi yang digelar KPU Padang Panjang ditandai dengan pengucapan deklarasi oleh ketiga olpasangan calon walikota dan wakil walikota yang dilanjutkan pemukulan gendang tassa oleh Pj. Walikota bersama KPU, Bawaslu, Ketua DPRD dan Forlopimda, dilanjutkan oenanda tanganan deklarasi oleh masing-masing paslon dan diakhiri pawai keliling kota yang diikuti ketiga paslon, 

Pewarta : Isril Naidi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024