Payakumbuh (ANTARA) - Dalam rangka memeriahkan Hari Pelanggan Nasional Tahun 2024, PT PLN (Persero) menggelar serangkaian kegiatan guna menyapa langsung sekaligus mengedukasi pelanggan terhadap promo dan layanan kelistrikan terbaru.

Salah satunya terlihat dalam kegiatan sapa langsung pelanggan yang digelar baru-baru ini oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh. 

Sekitar 30 orang peserta yang merupakan masyarakat Kecamatan Bukit Barisan berkumpul di Aula Kantor Kecamatan Bukit Barisan untuk mendapatkan sosialisasi dari tim PLN UP3 Payakumbuh perihal Health, Safety, Security & Environment (HSSE) serta promo program Belanja Nyaman Listrik Aman dari PLN. 

Teguh B. Octavianto, Manager PLN UP3 Payakumbuh menyebut program sapa langsung pelanggan bertujuan untuk memberikan pemahaman sejak dini terkait potensi bahaya listrik sehingga diharapkan ke depannya, kecelakaan listrik dapat diminimalisir serta meningkatkan jangkauan informasi masyarakat terhadap program yang sedang berjalan saat ini. 

“Kami berinisiatif melakukan sosialisasi untuk menghimbau masyarakat terus waspada dengan potensi-potensi bahaya listrik yang ada di sekitar kita. Masyarakat diharapkan dapat memeriksa kondisi instalasi listrik secara berkala pun menjaga jarak aman dari kabel listrik untuk menghindari bahaya yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” ungkap Teguh.

Tidak hanya sosialisasi potensi bahaya listrik, dalam kesempatan yang sama tim PLN juga melakukan promosi program Belanja Nyaman Listrik Aman atau potongan biaya layanan tambah daya dengan belanja alat elektronik dan kendaraan listrik di Official Marketplace PLN Mobile. Antusiasme yang banyak dari masyarakat membuat promo ini diperpanjang hingga penghujung bulan September 2024. Teguh menjelaskan bahwa promo ini berlaku untuk seluruh kode golongan tarif.

“Pelanggan yang perlu berbelanja produk elektronik ataupun kendaraan listrik melalui "official store" pada fitur "marketplace" aplikasi PLN Mobile, maka pelanggan akan mendapatkan "benefit" berupa "e-voucher" untuk dua kemudahan yakni keringanan biaya tambah daya hingga dua juta rupiah dan juga mengikuti undian Gelegar Maksi di PLN Mobile,” imbuhnya lagi. 

Kepala Camat Bukit Barisan Faizil Aziz mengapresiasi langkah PLN yang terus bersinergi dengan pemerintah setempat serta aktif menyapa masyarakat untuk menyampaikan informasi positif tentang kelistrikan yang membuktikan kualitas layanan PLN yang semakin baik. 

“Saya mengapresiasi PLN yang menghubungi kami untuk membicarakan kegiatan sosialisasi ini. Langkah ini sangat tepat dan bagus untuk menambah wawasan masyarakat yang tadinya awam akan bahaya listrik kini mulai waspada untuk menghindari risiko bahaya listrik. Terima kasih PLN,” ucapnya. 

Ditemui ditempat berbeda, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugrogo menjelaskan rangkaian sosialisasi yang dilakukan PLN menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi. Ia menyebut, sejalan dengan tema HPN 2024 “Senyum Pelanggan Energi Kami” langkah sosialisasi ini menjadi bukti konkrit kolaborasi yang terus ditingkatkan PLN dengan pemerintah daerah dan instansi terkait dalam menyukseskan program-program demi kepentingan masyarakat. 

“HPN kali ini kami manfaatkan dengan turun langsung bertemu pelanggan, menambah wawasan melalui sosialisasi sekaligus memberikan apresiasi, dan mendengar feedback serta harapan-harapan pelanggan, sehingga pelayanan kelistrikan semakin baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat,” kata Eric.

Pewarta : Rls-Fefi
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024