Lubukbasung (ANTARA) -
Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat membangun masjid senilai Rp2 miliar di komplek sekolah tersebut semenjak 2010 dan saat ini pembangunan masih berlanjut. 
 
Kepala SMAN 3 Lubuk Basung Hilda Sridewita didampingi Ketua Pembangunan Masjid Nurul Ilmi Rahman di Lubuk Basung, Senin, mengatakan dana sebesar Rp2 miliar itu digunakan untuk bangunan masjid, tempat berwuduk dan fasilitas lainnya. 
 
"Saat ini pembangunan masjid dengan ukuran 15X18 meter persegi masih berlanjut, karena baru selesai pemasangan atap," katanya saat batagak kudo-kudo Masjid Nurul Ilmi SMAN 3 Lubuk Basung dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi. 
 
Ia mengatakan pembangunan ini berkat dukungan dari Komite, masyarakat setempat, alumni baik di kapung, maupun luar Sumbar, tokoh adat, orangtua murid, guru dan lainnya. 
 
Untuk granit lantai masjid, tambahnya, telah dibantu alumni SMAN 3 Lubuk Basung atas nama Toni dan Gubernur Sumbar Mahyeldi juga membantu Rp10 juta ditambah 200 zak semen. 
 
"Terimakasih kepada donatur atas bantuan yang telah diberikan dan kami berharap bantuan berdatangan sehingga masjid tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembinaan keagamaan bagi siswa," katanya. 
 
Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Agam Roza Syafdefianti mengapresiasi sekolah dan masyarakat yang telah membangun masjid secara gotong royong. 
 
Ia berharap pembangunan masjid tersebut cepat selesai, sehingga bisa diresmikan gubernur dan bupati. 
 
"Pembangunan masjid tersebut sejalan dengan program bupati untuk membangun fisik dan sumber daya manusia," katanya. 
 
Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan pembangunan masjid ini bisa meningkatkan kualitas anak didik dan warga sekitar. Artinya keberadaan masjid memiliki fungsi strategis dalam kehidupan islami bagi masyarakat dan siswa. 
 
"Selesai dibangun, masjid bisa digunakan untuk kebutuhan anak dan pembinaan agama," katanya. 
 
Untuk itu, ia berharap masjid tersebut segera difungsikan untuk pembinaan atau pendidikan karakter. 
 
Setelah digunakan, maka bantuan bakal berdatangan dari berbagai donatur. 

Pewarta : Yusrizal
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024