Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diikuti dosen PNS di Kota Padang, karyawan dan mahasiswa magang dengan menggunakan beragam pakaian adat nusantara.

Pelaksanaan upaya HUT RI berlangsung di halaman kantor LLDIKTI Wilayah X, Jalan Khatib Sulaiman Padang, Kamis.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma selaku pembina upacara tampil memakai pakaian adat Takuluak Ikek sebagai warisan budaya bundo kanduang Minangkabau.

Selain itu, tampak tegap barisan mahasiswa Akademi Maritim Sapta Samudra membawa bendera merah putih yang diiringi penampilan paduan suara mahasiswa Akademi Farmasi Prayoga Padang. 

Pada barisan peserta upacara, juga terlihat beragam pakaian adat dari daerah-daerah di Indonesia dan seragam Korpri.

Dalam amanatnya, Afdalisma membacakan pidato Mendikbudristek yang menyampaikan tentang perjuangan para pendahulu bangsa.

"Kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah digerakkan selama empat tahun terakhir,"ucapnya. 

Layaknya perjuangan, tentu digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Sehingga kolaborasi dalam menghadirkan transformasi melahirkan banyak perubahan besar dalam perjalanan Indonesia.

Pada jenjang pendidikan tinggi, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. 

Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia.

“Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari, lanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar! Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” tutup Afdalisma.*

Pewarta : Rls-Haris
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024