Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat malam pergantian tahun.

"Silahkan bertahun baru, tapi tetap jaga keamanan dan ketertiban. Jangan berbuat hal-hal yang merusak norma dan nilai kepatutan," katanya di Padang, Selasa.

Menurutnya agar keamanan dan ketentraman bisa terwujud ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dihindari seperti mabuk-mabukan, tindakan kriminal dan, huru-hara.

"Mari kita jaga keamanan dan ketentraman dan kalau perlu kita tidak usah keluar rumah. Cukup di dalam rumah saja, atau pergi ke masjid ke tempat-tempat ibadah dan kita khusuk bermohon kepada Allah kiranya pada tahun 2020 akan lebih baik dari tahun 2019," lanjutnya.

Sementara untuk petugas keamanan, Nasrul meminta agar bisa menjaga keamanan dengan baik, terutama di bagian lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang dengan durasi yang lama. Juga mampu, meminimalkan tindakan kriminalitas yang kemungkinan bisa saja terjadi.

"Saya percaya aparat keamanan bisa menjaga situasi kondusif meski akan banyak kegiatan yang digelar hingga pagi," katanya.

Ia mendukung tindakan tegas dari aparat jika ada oknum masyarakat yang berniat melakukan pelanggaran hukum, mengedarkan narkoba karena momentum pergantian tahun disinyalir banyak penyalahgunaan barang haram tersebut.

Selain itu, Nasrul Abit juga berharap kepada pelaku usaha pariwisata di daerah itu untuk bisa menyambut tamu dengan ramah tamah sehingga bisa merasa nyaman di Sumbar.

"Dengan pariwisata dan UMKM kita akan maju. Dengan begitu, secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta : Miko Elfisha
Editor : Joko Nugroho
Copyright © ANTARA 2024