Lubukbasung, (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatera Barat memasang tiga unit camera trap atau kamera penjebak untuk mengidentifikasi harimau Sumatera yang memangsa ternak warga jenis sapi milik warga Cumateh, Jorong Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung.

"Tiga unit camera trap itu kita pasang di tiga lokasi ditemukan jejak kaki atau lokasi pegerakan harimau pada Sabtu (28/12)," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan didampingi Pengendali Ekosistim Hutan BKSDA, Ade Putra di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan kamera itu dipasang selama tiga hari ke depan di lokasi tersebut untuk mengidentifikasi keberadaan harimau yang memangsa satu ekor anak sapi milik Wismardi (54).

Apabila terpantau, tambahnya, maka BKSDA setempat akan memasang perangkap untuk menangkap harimau itu dan dipindahkan ke habitatnya.

Ini mengingat bahwa di lokasi tersebut berdekatan dengan permukiman warga dan lokasi juga merupakan areal penggunaan lain (APL).

"Hasil dari kamera trap ini baru perangkap kita pasang dan setelah tertangkap akan kita lepas ke habitatnya agar tidak ada korban selanjutnya," katanya.

Ia mengakui, petugas BKSDA setempat menemukan jejak kaki Harimau Sumatera di lokasi tersebut.
Baca juga: Harimau Sumatera mangsa seekor anak sapi di Sungai Jariang Agam

Bahkan petugas mendengar suara dari satwa dilindungi Undang-undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya di sekitar areal penggunaan lain tersebut.

"Selama 2019 ini sekitar belasan konflik satwa liar berupa Harimau Sumatera dan beruang di daerah itu," katanya.

Sebelumnya, seekor anak sapi milik Wismardi (54) warga Cumateh, Jorong Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung, dimangsa harimau pada bagian punggung, Rabu sore (25/12).

Anak sapi dengan usia enam bulan beserta sembilan ekor lainnya digembalakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cumateh.

Biasanya pemilik ternak membawa sapi itu ke kandang tidak jauh dari lokasi, namun dengan curah hujan cukup tinggi, pemilik tidak sempat untuk membawa pulang.

Pada Rabu (25/12), pemilik akan memberi rumput sapinya dan melihat anak sapi sudah tidak bergerak. Pemilik mencoba mengobati anak sapi itu, namun tidak tertolong dan mati.

Pemilik melaporkan ke anggota Polres Agam dan anggota Polres Agam dan BKSD turun ke lokasi dan menemukan tanda-tanda satwa berupa jejak kaki yang diduga Harimau Sumatera. 
 

Pewarta : Yusrizal
Editor : Ikhwan Wahyudi
Copyright © ANTARA 2024