Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan ada sejumlah daerah yang kesulitan akses transportasi dan komunikasi sehingga belum menyalurkan bantuan sosial,maka penyalurannya bisa dirapel hingga April 2018.

        "Ada beberapa wilayah yang belum ada penyaluran bansos. Kita paham karena disana ada masalah transportasi dan komunikasi. Karena itu saya ambil kebijakan pencairan bansos bisa dirapel sekaligus Januari hingga April," kata Idrus di Jakarta, Selasa.

        Hal itu disampaikan Mensos disela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) data terpadu 2018 untuk Wilayah Indonesia Timur.

         Dia menyatakan, kebijakan bisa menyalurkan bansos sekaligus hingga April 2018 tersebut diambil dengan pertimbangan agar masyarakat di daerah tersebut betul-betul bisa merasakan manfaat bantuan pemerintah.

        Idrus mengatakan, penyaluran bansos Program keluarga Harapan (PKH) dan beras sejahtera (rastra) pada Januari 2018 hampir mencapai 100 persen, sementara untuk Februari sudah 70 hingga 80 persen dan Maret penyalurannya sudah berjalan 17-20 persen.

        "Sekitar 10 kabupaten dan kota yang memang belum ada penyaluran bansos seperti di Maluku, NTT, Dumai Riau, Malinau di Kalimantan Utara karena masalah akses transportasi dan komunikasi," jelas Idrus.

         Sebelumnya Kementerian Sosial menargetkan Februari Tuntas penyaluran bansos PKH dan rastra tahap pertama 2018.  (*)

Pewarta : Desi Purnamawati
Editor : Mukhlisun
Copyright © ANTARA 2024